PENDIDIKAN GIZI MENGGUNAKAN MEDIA NUTRIEDUTAINMENT TERHADAP PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG ANAK SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Ratih Kurniasari Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Risma Rahmatunnisa Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/giziku.v1i2.4755

Abstrak

Pendidikan gizi yang diberikan kepada anak usia sekolah dasar diberikan dengan media yang menarik sehingga materi yang diberikan dapat diterima dengan baik dan lebih mudah. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengingkatkan pengetahuan gizi seimbang adalah dengan metode Nutriedutainment yang merupakan kombinasi antara nutrisi, pendidikan dan hiburan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh Pendidikan gizi dengan media Nutriedutainment terhadap pengetahuan gizi seimbang anak Sekolah Dasar.
Penelitian ini merupakan studi kuasi eksperimen dengan desain one group prepost test. Jumlah subjek penelitian ada 40 siswa kelas 4 SDN Palumbonsari 1 Karawang. Metode Nutriedutainment mencakup 3 sesi pemberian materi melalui menonton video PUGS, mendengarkan dongeng tentang gizi seimbang, dan bermain kartu kuartet. Perbedaan pengetahuan tentang gizi seimbang pada anak sekolah dianalisis dengan Uji t berpasangan.
Nilai rerata pengetahuan anak SD sebelum intervensi adalah 43,625 + 18,57 Hasil tersebut meningkat menjadi 68,5 + 13,2 setelah dilakukan edukasi dengan media Nutriedutainment.
Pendidikan gizi dengan menggunakan media Nutriedutainment meningkatkan pengetahuan gizi seimbang anak sekolah dasar secara bermakna.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-01-10

Cara Mengutip

Kurniasari, R., & Rahmatunnisa, R. (2021). PENDIDIKAN GIZI MENGGUNAKAN MEDIA NUTRIEDUTAINMENT TERHADAP PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG ANAK SEKOLAH DASAR. Jurnal Gizi Dan Kuliner, 1(2), 33–40. https://doi.org/10.35706/giziku.v1i2.4755