Arsitektur Enterprise Penjualan Mobil pada Dealer dengan Zachman Framework bagi Stakeholder dalam Investasi Teknologi Informasi di Era Industri 4.0

Penulis

  • I Gusti Ngurah Suryantara Program Studi Teknik Informatika, Universitas Bunda Mulia
  • Jusia Amanda Ginting Program Studi Teknik Informatika, Universitas Bunda Mulia

DOI:

https://doi.org/10.35261/gijtsi.v1i01.4010

Abstrak

Pada era industri 4.0 suatu enterprise (perusahaan/organisasi) sangat tergantung dengan teknologi informasi. Semakin tergantungnya pada teknologi informasi diperlukan perencanaan yang matang untuk investasi teknologi pada suatu enterprise. Perlunya pengembangan arsitektur enterprise untuk mendapatkan gambaran kesinergian data, aplikasi, dan teknologi. Dalam pengembangan arsitektur enterprise dapat menggunakan Kerangka Kerja Zachman (Zachman Framework). Value Chain dan Zachman Framework yang digunakan untuk menghasilkan cetak biru (blue print) pada
suatu enterprise. Dari cetak biru arsitektur enterprise inilah digunakan oleh para praktisi di bidang pengembangan sistem untuk menghasilkan aplikasi terintegrasi yang mendukung semua proses bisnis yang terdapat pada suatu enterprise. Cetak biru bagi suatu enterprise sangat penting bagi suatu enterprise untuk investasi teknologi informasi dalam mendukung pengembangan aplikasi, dan keintegrasian semua unit/bagian/departemen yang ada pada suatu enterprise. Tujuan arsitektur enterprise adalah memetakan Arsitektur Data, Arsitektur Aplikasi, dan Arsitektur Teknologi pada enterprise. Pengembangan arsitektur enterprise menggunakan Kerangka Kerja Zachman dengan metode pendekatan yaitu: penurunan 6 baris dan 6 kolom pada Kerangka Kerja Zachman, sehingga menghasilkan cetak biru untuk enterprise dalam berinvestasi teknologi informasi/sistem informasi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

W. Gunawan and B. Liejaya, “Formulating cloud based hospital information system (HIS) with Zachman framework,” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., 2020, doi: 10.1088/1757-899X/725/1/012092.

N. Rizky, F. Fitroh, and A. F. Firmansyah, “Perencanaan Arsitektur Enterprise Menggunakan TOGAF ADM Versi 9 (Studi Kasus: Bimbel Salemba Group),” Stud. Inform. J. Sist. Inf., vol. 10, no. 1, 2017.

R. Aradea, H. Mubarok, and R. Pramudya, “Model Arsitektur Layanan Terintegrasi untuk Mendukung Interoperabilitas Layanan Perguruan Tinggi,” 2014.

E. Eviana and S. Sucipto, “Perancangan Enterprise Architecture Sistem Penjualan dengan Metode TOGAF ADM pada Marino Collection,” PROCIDING KMSI, vol. 6, no. 1, pp. 106–113, 2018.

A. A. Slameto, E. Utami, and A. A. Pangera, “Penerapan Zachman Framework dalam Merancang Sistem Pelaporan Kerusakan Komputer,” SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, vol. 1, no. 1, pp. 17–27, 2013.

K. Surendro, Implementasi Tata Kelola Teknologi Informasi. Bandung: Informatika, 2009.

K. Surendro, Pengembangan Rencana Induk Sistem Informasi. Bandung: Informatika, 2009.

A. G. V. Menchaca et al., “Practical application of Enterprise Architecture, study case of SME metalmechanic in Mexico,” Eur. Sci. J., vol. 1, pp. 233–241, 2013.

G. Osvalds, “Definition of Enterprise Architecture–Centric Models for The Systems Engineers,” 2001.

A. A. Slameto, E. Utami, dan A. A. Pangera, “Analisis dan Desain Arsitektur Enterprise Sistem Informasi Pelaporan Kerusakan Komputer dengan Zachman Framework,” J. Teknol. Inf., vol. 7, no. 21, 2012.

J. A. Zachman, “Concise Definition of the Enterprise Framework,” 2012. http://www.zachman.com/about-the-zachmanframework (accessed 31 Januari 2020).

Federal Chief Information Officer Council (FCIOC), “A Practical Guide to Federal Enterprise Architecture,” Februari 2007.

F. R. David, Strategic Management: Concepts and Cases, 14th ed. Pearson, 2012.

A. P. Widodo, “Enterprise architecture model untuk aplikasi government,” J. Masy. Inform., vol. 1, no. 1, pp. 23–30, 2010.

T. S. Tyas and A. Tarmuji, “Perancangan Enterprise Architecture Planning (EAP) pada Proses Manajemen Aset dengan Zachman Framework (Studi Kasus Divisi Manajemen Fasilitas PT. XYZ),” Universitas Ahmad Dahlan, 2013.

F. Sulianta, Teknik Perancangan Arsitektur Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2017.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-11-30

Cara Mengutip

[1]
I. G. N. Suryantara dan J. A. Ginting, “Arsitektur Enterprise Penjualan Mobil pada Dealer dengan Zachman Framework bagi Stakeholder dalam Investasi Teknologi Informasi di Era Industri 4.0”, GIJTSI, vol. 1, no. 01, hlm. 53–68, Nov 2020.