Pengembangan Evaluasi Formatif dan Sumatif

Development of Formative and Summative Evaluation

Authors

  • m makbul UIN Alauddin Makassar
  • Dewi Saputri.S Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana UIN Alauddin Makassar
  • La Ode Ismail Ahmad Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.35706/hw.v3i1.6788

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengertian prosedur pengembangan evaluasi pembelajaran, menganalisis tujuan dan fungsi evaluasi pembelajaran, untuk megelaborasi terkait prosedur pengembangan evaluasi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian kepustakaan yaitu jenis penelitian yang dilakukan dengan membaca artiekel yang relevan, buku-buku serta majalah dan sumber data lainnya untuk menghimpun data dari berbagai literatur, baik perpustakaan maupun di tempat-tempat lain yang menyediakan rujukan baik daring dan luring. Hasil bacaan tersebut kemudian dikumpulkan dikodifikasi kemudian dianalisis sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan untuk mendapatkan gambaran terkait gambaran pengembangan evaluasi pembelajaran Pengembangan evaluasi pembelajaran adalah suat pembangunan secara bertahap terhadap penilaian terhadap kompetensi yang sudah dicapai oleh peserta didik setelah melakukan proses belajar mengajar. Evaluasi pembelajaran sebagai tolak ukur keberhasilan proses belajar mengajar. Tujuan dan fungsi evaluasi pembelajaran: Untuk memberikan umpan balik (feedback), menentukan angka/hasil belajar masing-masing peserta didik yang antara lain diperlukan untuk penentuan kenaikan kelas dan penentuan lulus tidaknya peserta didik, menempatkan peserta didik dalam situasi belajar mengajar yang tepat. mengenal latar belakang peserta didik yang mengalami kesulitan-kesulitan belajar. Prosedur pengembangan evaluasi pembelajaran, perencanaan evaluasi, pelaksanaan evaluasi monitoring pelaksanaan evaluasi, pengolahan data, pelaporan hasil evaluasi, penggunaan hasil evaluasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-09-07

How to Cite

makbul, m, S, D. S., & Ahmad, L. O. I. (2022). Pengembangan Evaluasi Formatif dan Sumatif: Development of Formative and Summative Evaluation. HAWARI : Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, 3(1). https://doi.org/10.35706/hw.v3i1.6788