PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PROGRAM BUDIDAYA IKAN DALAM EMBER (BUDIKDAMBER) DALAM UPAYA KETAHANAN PANGAN.

(Studi pada Kelompok Wanita Tani Kenanga Kelurahan Margabakti Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya)

Penulis

  • Saskia Isabella Putri Suhendari author
  • Adang Danial
  • Wiwin Herwina

Abstrak

Perempuan sebagai upaya dalam meningkatkan peran dan status perempuan dalam pembangunan. Akan tetapi pada kenyataannya perempuan perlu adanya upaya dalam meningkatkan kesadaran terwujudnya kesetaraan gender. Melalui kesetaraan gender perempuan sudah seharusnya tidak lagi dianggap sebagai kaum yang lemah, sehingga perlu adanya program pemberdayaan bagi perempuan agar lebih berdaya. Program Budidaya Ikan dalam Ember merupakan salah satu program pemberdayaan terutama bagi perempuan agar memiliki keterampilan, pengetahuan dan peningkatan kualitas hidup dirinya dan keluarganya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pemberdayaan perempuan dalam program Budidaya Ikan dalam Ember (Budikdamber) untuk mendorong ketahanan pangan. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberdayaan perempuan melalui program Budikdamber dapat memberdayakan perempuan dan mendorong upaya peningkatan ketahanan pangan di kelompok wanita tani melalui kegiatan pendampingan dan penyuluhan yang juga memberikan tambahan pengetahuan dan keterampilan khusus kepada perempuan. Simpulannya bahwa adanya proses pemberdayaan perempuan melalui program Budidaya Ikan dalam Ember di KWT Kenanga Kelurahan Margabakti Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya.

Kata Kunci: pemberdayaan perempuan, Budikdamber, ketahanan pangan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Asima, Chaterine. (2018). Pemberdayaan Perempuan Berbasis Modal Sosial (Studi Deskriptif pada Kegiatan Credit Union di Perkumpulan Sada Ahmo). Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sumatera Utara. Medan.

Marmoah, Sri. (2014). Manajemen Pemberdayaan Perempuan Rimba. Yogyakarta: Deepublish.

Maryani, Dedeh & Ruth Roselin. (2019). Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Deepublish.

Maujud, Fathul. (2018). Implementasi Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Dalam Jurnal Penelitian Keislaman, 14(1), 30-50. DOI: https://doi.org/10.20414/jpk.v14i1.490.

Rilfiyanti, Nadiya Eka. (2019). Pemberdayaan Perempuan Melalui Home Industry Tempe Di Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Muhammadiyah Malang.

Santi, Mutiara. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kegiatan Budidaya Ikan Lele (Studi Kasus di Kelompok Subur Makmur Kelurahan Purbaratu Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya). Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suryana, Asep. (2012). Strategi Monitoring dan Evaluasi (Monev) Sistem Penjaminan Mutu Internal Sekolah. Dalam Jurnal Administrasi Dan Pendidikan.

Suryanti, Sri. Dkk. (2020). Pemberdayaan Pertanian Organik dengan Model Hidroganik Budikdamber di Era Pandemi Covid 19 di Kabupaten Bantul, DIY. Dalam Jurnal Agro Dedikasi Masyarakat, 1(2), 44-50. DOI: https://doi.org/10.31764/jadm.v1i2.2966.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-17

Cara Mengutip

Putri Suhendari, S. I., Danial, A. ., & Herwina, W. (2023). PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PROGRAM BUDIDAYA IKAN DALAM EMBER (BUDIKDAMBER) DALAM UPAYA KETAHANAN PANGAN.: (Studi pada Kelompok Wanita Tani Kenanga Kelurahan Margabakti Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya). JoCE (Journal of Community Education), 3(1), 38–46. Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/joce/article/view/8769

Terbitan

Bagian

Artikel