Analisis Gerak Dasar Berbasis Audio Visual Pada Anak Usia 8 Tahun

Penulis

  • Meliani Malik Universitas Negeri Jakarta
  • Fahmy Fachrezzy Universitas Negeri Jakarta
  • Sujarwo Sujarwo Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.35706/joker.v3i1.7100

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan gerak dasar siswa serta menganalisa Gerakan tersebut Pada anak usia 8 tahun. Mengetahui apa saja gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif yang dikuasai oleh anak usia 8 tahun. Mengetahui persentase tingkat kemampuan gerak dasar dengan perantara audio visual yang dilakukan anak usia 8 tahun. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 05 Pagi Batu Ampar. Subyek yang terlibat dalam penelitian adalah siswa sekolah dasar kelas rendah yang berusia 8 tahun yang berjumlah 25 anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kegiatan observasi terhadap gerakan dasar siswa yang diambil dalam bentuk video. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Peneliti menyimpulkan bahwa ketiga jenis kelompok gerak dasar dijelaskan bahwa kelompok gerak Lokomotor masuk dalam kategori cukup (73,45%), non-lokomotor masuk dalam kategori baik (76,8%), dan manipulatif masuk dalam kategori cukup (60,72%). Tingkat gerak dasar keseluruhan siswa SD Negeri 5 Pagi Batu Ampar dengan usia 8 tahun pada kategori cukup sebesar 88% (22 siswa) dan pada kategori kurang 12% (3 siswa). Sehingga dapat disimpulkan bahwa keseluruhan gerak dasar siswa SD Negeri 5 Pagi Batu Ampar dengan usia 8 tahun pada kategori cukup. Gerak lokomotor dan manipulatif didapatkan dalam kategori cukup sedangkan gerak non-lokomotor dalam kategori baik. Untuk mendukung kesuksesan gerak siswa di masa mendatang, diperlukan program pengembangan gerak yang terarah dan spesifik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Sujarwo Sujarwo, Universitas Negeri Jakarta

 

 

Referensi

Agung, S. (2005). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Coker, C. A. (2004). Motor Learning And Control For Practitioners. New York: Mcgraw-Hill.

Corbin, C. B. (1980). A Textbook Of Motor Development,. Lowa: Browen Company Publisher.

Dewi, M. (2015). Sistem Pembinaan Renang Anak Usia Dini Di Klub Renang Se Kabupaten Magelang Tahun 2014. Active - Journal Of Physical Education, Sport, Health And Recreation, 4(12), 2265–2269. Https://Doi.Org/10.15294/Active.V4i12.9894

Gallahue, D. L. (1995). Developmental Phisical Education For Today’s Childrent. La: Brown & Benchmark.

Gallahue, D. L., C, O. J., & D., G. J. (2012). Understanding Motor Development: Instant Children Adolescents Adults, Second Edition,. New York: Mcgraw Hill.

Herawati, N. (2005). Buku Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini. Pekanbaru: Yayasan Azizah.

Laaser, W., & Toloza, E. A. (2017). The Changing Role Of The Educational Video In Higher Distance Education, 18(2).

Langendorfer, S. (2016). Test Of Gross Motor Development. Adapted Physical Activity Quarterly, 3(2), 186–190. Https://Doi.Org/10.1123/Apaq.3.2.186

Magill, R. A. (2011). Motor Learning And Control: Concepts And Aplications. New York: Mcgraw-Hill,Inc.

Manna, I. (2014). Growth Development And Maturity In Children And Adolescent: Relation To Sports And Physical Activity. American Journal Of Sports Science And Medicine, 2(5a), 48–50. Https://Doi.Org/10.12691/Ajssm-2-5a-11

Morisson, G. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Pt. Indeks.

Palma, G. (2008). La Otra Educación Audiovisual, 6–10. Https://Doi.Org/10.3916/C31-2008-03-051

Pangrazi, R. (2007). Dynamic Physical Education For Elemntary School Children, (15th Ed. ). Sanfrancisco: Pearson Benjamin Cummings.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Richey, R. C., Klein, J. D., & Monica, W. T. (2012). The Intructional Design Knowledge Base: Theory, Research, And Practice. New York: Routtedge.

Suh, H. (2011). Collaborative Learning Models And Support Technologies In The Future Classroom, 5(1), 50–61.

Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.

Syahrial, B. (2015). Merancang Pembelajaran Gerak Dasar Anak. Unp Press (Vol. 1).

Webster, E. K., Martin, C. K., & Staiano, A. E. (2019). Fundamental Motor Skills, Screen-Time, And Physical Activity In Preschoolers. Journal Of Sport And Health Science, 8(2), 114–121. Https://Doi.Org/10.1016/J.Jshs.2018.11.006

Yus, A. (2011). Penilaian Perkembangan Anak Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Prenada Media.

Prawira, A. Y., Prabowo, E., & Gemael, Q. A. (2021). Model Pembelajaran Olahraga Futsal Anak Usia Dini (Literature Review). Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment), 4(01), 19-25.

Gemael, Q. A., & Afrinaldi, R. (2017). Hubungan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Dalam Menunjang Kinerja Koni Karawang. In Seminar Nasional Riset Inovatif (Pp. 413-420).

Afrinaldi, R., Effendi, R., Nugroho, S., Prasetyo, T. R., Gemael, Q. A., Dewi, R. R. K., ... & Adawiyyah, R. (2023). Workshop Pemanfaatan Aplikasi Pembelajaran Lompat Jauh Berbasis Augmented Reality (Ar) Bagi Pedamping Anak. Karya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 209-219.

A'la, F., Candra, J., Rahmalia, A., & Gemael, Q. A. (2022). Pendampingan Dan Peningkatan Kebugaran Jasmani Anak–Anak Diwilayah Karang Taruna Marga Mulya Dengan Mengunakan Teknologi Light Emitting Diode (Led) Di Masa Covid 19. Jurnal Pengabdian Olahraga Singaperbangsa, 2(01), 6-16

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-30

Cara Mengutip

Malik, M., Fachrezzy, F., & Sujarwo, S. (2023). Analisis Gerak Dasar Berbasis Audio Visual Pada Anak Usia 8 Tahun. Jurnal Olahraga Kebugaran Dan Rehabilitasi (JOKER), 3(1), 41–47. https://doi.org/10.35706/joker.v3i1.7100