Manajemen Pembelajaran Inovatif: Integrasi Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.1212/muntazam.v4i02.10996Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk merangkum dan menganalisis strategi manajemen pembelajaran yang inovatif dalam membentuk karakter positif pada tahap perkembangan anak usia dini. Penelitian ini mengadopsi pendekatan studi literatur dengan mengeksplorasi konsep-konsep kunci dan praktik terbaik yang relevan. Hasil analisis literatur menunjukkan bahwa pendekatan inovatif dalam manajemen pembelajaran membuka peluang untuk mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam kurikulum anak usia dini. Guru sebagai pemimpin pendidikan, memiliki peran sentral dalam mengimplementasikan strategi pembelajaran yang kreatif dan mendalam. Implementasi program pembelajaran melibatkan penggunaan metode inovatif, proyek kolaboratif, dan pemanfaatan literatur pendukung yang bersifat karakter. Meskipun penelitian ini bersifat literatur, sintesis informasi dari berbagai sumber membuktikan bahwa pendidikan karakter pada anak usia dini dapat efektif diintegrasikan melalui pendekatan inovatif dalam manajemen pembelajaran. Implikasi dari temuan ini mengarah pada pengembangan kurikulum yang responsif dan sumber daya guru yang berfokus pada aspek karakter.
Unduhan
Referensi
Basri, I. (2017). Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar (SD) Berbasis Pendidikan Karakter dan Multikultural. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(4), 247. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12593
Daryana, A., Susanti, I., Hidayat, P., & Kemala, R. (2023). Perencanaan Pembelajaran PAUD Yang Menyenangkan Di Masa Pandemi Covid-19. JPMM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani, 3(2), 129–134.
Devianti, R., Sari, S. L., & Bangswan, I. (2020). Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 03(02), 67–78.
Elihami, & Hasnidar. (2019). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Karakter. CV. Rasi Terbit.
Hamdani, M. D. A. L. (2017). Manajemen Pembelajaran Modern. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia, 11(1), 99–132.
Harahap, N., & Br Hasibuan, H. (2023). Implementasi Standar Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 470–481. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.254
Hasanah, F. F., & Munastiwi, E. (2019). Pengelolaan Pendidikan Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan di Taman Kanak-Kanak. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(1), 35–46. https://doi.org/10.14421/jga.2019.41-04
Idhayani, N., Nurlina, N., Risnajayanti, R., Halima, H., & Bahera, B. (2023). Inovasi Pembelajaran Anak Usia Dini : Pendekatan Kearifan Lokal Dalam Praktik Manajemen. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7453–7463. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5624
Ishtiaq, M. (2019). Book Review Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage. English Language Teaching, 12(5), 40. https://doi.org/10.5539/elt.v12n5p40
Jaya, H., Hambali, M., & Fakhrurrozi, F. (2023). Transformasi Pendidikan:Peran Pendidikan BerkelanjutanDalam Menghadapi Tantangan AbadKe-21. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 2416–2422.
Kartikowati, E., & Zubaedi. (2020). Pola Pembelajaran 9 Pilar Karakter Pada Anak Usia Dini dan Dimensi-dimensinya. Prenadamedia Group.
Khasanah, N., Niswanto, N., & Khairuddin, K. (2022). Character Education Management in Shaping School Culture. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 3713–3720. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i3.2251
Latifah, A. (2020). Peran Lingkungan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(2), 101–112. https://doi.org/10.15575/japra.v3i2.8785
Lestari, N. (2021). Model Manajemen Terintegrasi Pendidikan Karakter Di Taman Kanak-Kanak. Universitas Lampung.
Maisura, Ulandary, Y., Murnaka, N. P., & Azhari, D. S. (2023). Strategi Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI Di Era Digital. IMEIJ: Indo-MathEdu Intellectual Journal, 4(3), 2733–2747.
Manora, H., Khasanah, N. L., & Ertati, E. (2023). Implementasi Manajemen Evaluasi Pembelajaran Terpadu untuk Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD). Bouseik: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 141–150. https://doi.org/10.37092/bouseik.v1i2.646
Nurlina. (2023). Perkembangan Psikososial Masa Kanak-Kanak. In Psikologi Perkembangan Peserta Didik (pp. 47–73). Get Press Indonesia.
Nurlina, Nurdin, D., & Prihatin, E. (2023). Strategi Peningkatan Daya Saing melalui Program Pembelajaran Berbasis Pendidikan Islam. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia, 7(5), 6052–6064. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4660
Pare, A., & Sihotang, H. (2023). Pendidikan Holistik untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Era Digital Program Studi Magister Administrasi Pendidikan , Universitas Kristen Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27778–27787.
Rahmawati, Nurlina, Lilianti, Usman, Risnajayanti, Salma, & Amaliah. (2022). Peran Guru dalam Merancang Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal di Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1527–1539. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1802
Ramdhani, M. A. (2017). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 8(1), 28–37. https://doi.org/10.1177/002218568402600108
Rinjani, E. D. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Multikultural Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Sebagai Upaya Menghadapi Era Masyarakat Ekonomi Asean. Education and Language International Conference Procedings, 306–316.
Rosyad, A. M. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Managemen Sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 173–190. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2074
Safitri, A., Kabiba, K., Nasir, N., & Nurlina, N. (2021). Manajemen Pembelajaran bagi Anak Usia Dini dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia, 5(2), 1209–1220. https://www.obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/811
Sayyidi, S., & Sidiq, M. A. H. (2020). Reaktualisasi Pendidikan Karakter di Era Disrupsi. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(1), 105–124. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i01.520
Yulianti, K. N., Mayar, F., & Eliza, D. (2023). Peranan Profesional Guru dalam Meningkatkan Nilai Karakter Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5597–5606. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5243
Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia).