Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Melalui Tekni 3M (Melipat, Menggunting, Menempel)

Penulis

  • Alfina Damayanti Universitas Lampung
  • Ulwan Syafrudin Universitas Lampung
  • Renti Oktaria Universitas Lampung

Abstrak

Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui meningkatkan perkembangan motorik halus anak

usia dini melalui teknik 3M ( melipat, mengguntin, dan menempel) yang sangat diperlukan anak usia

dini sebagai landasan kasiapan saraf motorik anak usia dini. Motede yang digunakan adalah deskriptif, partisipan, melalui teknik yang digunakan pengamatan, wawancara, study pustaka baik dari buku maupun internet dengan analisis data deskriptif. Hasil yang didapatkan pada saat penelitian dari 24 sampel anak usia dini di kelas B, TK Amaliah kecamatan Buay Madang Timur, diperoleh bahwa 12 orang dengan persentasi 50% anak dapat dengan cepat menerapkan 3M, 9 orang anak dengan persentase 37,5% normal dalam menerapkan 3M, dan 3 orang anak dengan persentase 12,5% lambat dalam menerapkan 3M. Dimana dalam hal ini jumlah anak yang cepat dan normal dalam menerapkan 3M lebih besar yaitu sekitar 87,5% dan yang lambat sebesar 12,5%. Dengan menerapkan 3M mampu mnegembangkan motorik anak usia dini, Teknik ini memiliki manfaat dalam mengembangkan keterampilan motorik halus anak, seperti koordinasi mata dan tangan, kehalusan gerakan, kreativitas, dan kepercayaan diri. Peran guru dan orang tua penting dalam memberikan dukungan, fasilitasi pembelajaran, dan menciptakan lingkungan yang sesuai. Dengan implementasi teknik 3M secara konsisten, anak dapat mengalami pertumbuhan positif dalam perkembangan motorik halus mereka.

 Kata kunci ; Anak usia dini, Ketrampilan 3M, Motorik Halus

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Iskandar, G. N., Darmiyanti, A., & Munafiah, N. U. (2023). Peran Guru Dalam Memberikan Pembelajaran Anak Usia Dini Pasca Pandemi Di Tk Shafa Marwah. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 47-52.

Kisno, Herlidasari, A., Jannah, M., & Rizky Syafitri, A. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Menggunakan Teknik 3M (Melipat, Menggunting, dan Menempel) Pada Anak Usia Sekolah Dasar Kelas Awal. Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education (IJIGAEd), 2(1), 18–30. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/IJIGAEd/

Nabila, Y., & Mushlih, A. (2023). Pengelolaan Pembelajaran Berdiferensiasi Bagi Anak Usia Dini Di Tk Dharmawanita Batangsaren 1 Tulungagung. MURANGKALIH: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(01), 19–29. Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/murangkalih/article/view/9225

Novianti, C., & Ferianto, F. (2023). The Position of Teachers in the Development of Early Childhood Character Education. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 54-62.

Pratama, M., & Munafiah, N. (2023). BERHITUNG MENGGUNAKAN MEDIA POHON ANGKA ANAK USIA 5–6 TAHUN DI TAMAN KANAK–KANAK INSAN MANDIRI SIDODADI. MURANGKALIH: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(01), 40-49.

Pramesty, D. A. (2017). Penerapan Melipat, Menggunting, Menempel (3M) dalam Upaya Meningkatkan Ketrampilan Motorik Halus Anak. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.18592/ptk.v3i1.1057

Pura, D. N., & Asnawati, A. (2019). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 131–140. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.131-140

The, I. N., Region, N., & Wirobrajan, O. F. (2013). Penerapan Bercerita Guru Pada Anak Kelompok B Di Tk Gugus.

Widayati, S., Rinakit Adhe, K., Nafisa, F., & Faiza Silvia, E. (2019). Tahapan Menggunting dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Child Education Journal, 1(2), 50–57. https://doi.org/10.33086/cej.v1i2.1402

Rahayu, E. T., Syafrida, R., Ferianto, F., Nurunnabilah, N., & Syahnurmala, H. (2023). Efektifitas Penggunaan Inovasi Media Kiorroga terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4232-4242.

Yohanis, M. L., Pendidikan, F. I., Surabaya, U. N., Khotimah, N., Pendidikan, F. I., & Surabaya, U. N. (n.d.). ABSTRAK Perkembangan fisik motorik merupakan salah satu kemampuan dasar yang perlu di miliki anak untuk di kembangkan dengan optimal . Perkembangan fisik motorik ini meliputi fisik motorik kasar dan fisik motorik halus yang saling berkaitan . Kemampuan fi. 1–8.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-30

Cara Mengutip

Damayanti, A., Syafrudin, U., & Oktaria, R. . (2023). Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Melalui Tekni 3M (Melipat, Menggunting, Menempel). MURANGKALIH: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 85–91. Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/murangkalih/article/view/9311