ANALISIS KARAKTER DAN PSIKOLOGIS ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI TK ASH-SHAHABAH KABUPATEN BEKASI

Authors

  • Anisa Nur Rachamadiani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Desty Fitriana Putri Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Uum Umatul Khoeriyah Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/murangkalih.v3i02.10188

Abstract

Pada hakikatya sekolah adalah tempat untuk mengenyam pendidikan tanpa memandang status ataupun kondisi dari peserta didik. Namun, hal itu menjadi terpisah saat ada stereotipe negatif dari berbagai kalangan bahwasanya mereka berbeda yang dimana seharusnya sekolah berupaya untuk melakukan pemerataan dalam pendidikan yang memberikan kebebasan serta hak belajar kepada anak berkebutuhan khusus tanpa pengecualian atau tindakan diskriminasi karena mereka tentunya berhak mendapatkan pendidikan yang setara dengan anak-anak pada umumnya. Perihal ini kerap kali dipandang sebelah mata sehingga baik dari anak berkebutuhan khusus dan orang tuanya kehilangan kepercayaan diri untuk memberikan pendidikan di sebuah sekolah. Maka dari itu, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai detail anak berkebutuhan khusus dilakukankan penelitian pada salah satu sekolah dasar yang bertempat di Kabupaten Bekasi Kecamatan Tambun Utara yaitu TK Ash-Shahabah yang menjadi subjek penelitian kali ini dan untuk objek penelitian ini ditujukan pada salah satu siswa yang saat ini berada di bangku kelas B. Dalam penelitian ini pun dilakukanlah pengamatan dan sesi wawancara terhadap salah seorang guru atau wali kelas dari kelas B untuk mengetahui lebih dalam tentang siswa tersebut serta pemberian dan penanganan dalam kegiatan belajar mengajar yang berlangsung di kelas. Tentunya, dengan dilakukan penelitian ini diharapkan menjadi sebuah pandangan baru dalam penerimaan anak berkebutuhan khusus di sekolah-sekolah dan diharapkan mereka memperoleh pendidikan yang sama dan menghargai keistimewaannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, N. (2013). Mengenal anak berkebutuhan khusus. Magistra, 25(86), 1.

Desiningrum, D. R. (2017). Psikologi anak berkebutuhan khusus.

Nisa, K., Mambela, S., & Badiah, L. I. (2018). Karakteristik dan kebutuhan anak berkebutuhan khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 33-40.

Praptiningrum, N. (2010). Fenomena penyelenggaraan pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 7(2).

Rezieka, D. G., Putro, K. Z., & Fitri, M. (2021). Faktor Penyebab Anak Berkebutuhan Khusus Dan Klasifikasi Abk. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 40-53.

Sunarya, P. B., Irvan, M., & Dewi, D. P. (2018). Kajian penanganan terhadap anak berkebutuhan khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 11-19.

Switri, E. (2022). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Penerbit Qiara Media

Ferianto, M. P. I., Munafiah, N. U., Makbul, M., Nurlaeli, H. A., & Suryana, S. (2023). Filsafat dan Teori Manajemen Pendidikan Islam. Penerbit Mangku Bumi.

Novianti, C., & Ferianto, F. (2023). The Position of Teachers in the Development of Early Childhood Character Education. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 54-62.

Putri, J., & Ferianto, F. (2023). Kemajuan Peradaban Islam Di Era Society 5.0. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 7(01), 42-54.

Pratama, M., & Munafiah, N. (2023). Berhitung Menggunakan Media Pohon Angka Anak Usia 5–6 Tahun Di Taman Kanak–Kanak Insan Mandiri Sidodadi. MURANGKALIH: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(01), 40-49.

Solihat, D., Darmiyanti, A., & Ferianto, F. (2022). Penerapan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan di SDIT Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang. At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 21(2), 197-208.

Rahayu, E. T., Syafrida, R., Ferianto, F., Nurunnabilah, N., & Syahnurmala, H. (2023). Efektifitas Penggunaan Inovasi Media Kiorroga terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4232-4242.

Published

2022-09-30

How to Cite

Nur Rachamadiani, A., Putri, D. F. ., & Khoeriyah, U. U. . (2022). ANALISIS KARAKTER DAN PSIKOLOGIS ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI TK ASH-SHAHABAH KABUPATEN BEKASI. MURANGKALIH: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(02), 39–44. https://doi.org/10.35706/murangkalih.v3i02.10188