GANGGUAN PERKEMBANGAN PADA ANAK DI TKQ AN-NAMLU KARAWANG

Penulis

  • Annisa Mamduhah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Kiki Jayanti Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/murangkalih.v5i01.10189

Abstrak

Penelitian ini dilakuan untuk menganalisis gangguan perkembangan pada anak, khususnya anak yang menderita keterlambatan berbicara (speech delay) dan Gangguan Pemusatan, Perhatian, dan Hiperaktif (GPPH). Antara GPPH dan keterlambatan berbicara saling berkaitan satu sama lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan pada anak yang mengalami gangguan perkembangan dengan keterlambatan bicara dan GPPH. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan melakukan observasi yang mendalam, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang menderita keterlambatan bicara dan GPPH dapat mengejar aspek perkembangan lainnya, dan pendidik ataupun orang tua harus memberikan stimulasi (rangsangan) yang sesuai dengan saran dari dokter atau tenaga ahli terkait. Hal ini berkaitan dengan pemberian stimulasi yang tepat pada anak, agar anak mengalami peningkatan dalam perkembangannya

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alfani Nurul. 2021. Gangguan Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) pada Anak Usia 6 Tahun. Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini, 2 (2).

Alfin, Jauharoti, dan Ratna Pangastuti. 2020. Perkembangan Bahasa pada Anak Speechdelay. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 2 (1).

Anggraini, Ariska Puspita. 2020. Speech Delay pada Anak: Definisi, Gejala, dan Penanganannya. https://health.kompas.com/read/20 20/02/08/103300868/speechdelay-pada-anak--definisi-gejala-dan-cara-penanganannya?page=all (diakses pada 06 Oktober 2021).

___. 2020. Penyebab Speech Delay atau Keterlambatan Bicara pada Anak. https://pauddikmasdiy.kemdikbud.go.id/artikel/penyebab-speech-delay-atauketerlambatan-bicara-pada-anak/ (diakses pada 27 Desember 2021).

Putri, J., & Ferianto, F. (2023). Kemajuan Peradaban Islam Di Era Society 5.0. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 7(01), 42-54.

Novianti, C., & Ferianto, F. (2023). The Position of Teachers in the Development of Early Childhood Character Education. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 54-62.

Ferianto, M. P. I., Munafiah, N. U., Makbul, M., Nurlaeli, H. A., & Suryana, S. (2023). Filsafat dan Teori Manajemen Pendidikan Islam. Penerbit Mangku Bumi.

Atoillah, M. T., & Ferianto, F. (2023). Pendidikan Multikultural Melalui Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Kebangsaan Siswa SMP N 1 Pangkalan. Jurnal Pendidikan, 32(1), 113-120.

Desiningrum, Dinie Ratri. 2016. Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Psikosain.

Fadilah, Tasya, dan Lady Ramadhanty Pane. 2016. Pengaruh Keterlambatan Bicara Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Pendidikan PAUD, 1 (1). Hal. 49-56.

Istiqlal, Alfani Nurul. 2021. Gangguan Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) pada Anak Usia 6 Tahun. Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini, 2 (2)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia no. 17 tahun 2014 tentang standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (SALINAN). https://pusdiklat.perpusnas.go.id/regulasi/download/6. (diakses tanggal 28 Desember 2021)

Mahabbati, Aini. 2014. Pola Perilaku Bermasalah dan Rancangan Intervensi pada Anak Tunalaras Tipe Gangguan Perilaku (Conduct Disorder) Berdasarkan Functional Behavior Assessment. Jurnal Dinamika Pendidikan, No.1, Th. XXI.

Nadzirah, Nuning. 2017. Konseling Integratif dalam Menangani Gangguan Konsentrasi Belajar pada Anak AHDH (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 7 (1).

Rini, Indah Ria Sulistya. 2010. Mengenali Gejala dan Penyebab dari Conduct Disorder. Jurnal Psycho Idea, Th. 8, No.1.

Taseman, dkk. 2020. Strategi Penanganan Gangguan Speech Delay Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini di TK Negeri Pembina Surabaya. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 2 (1).

Tentama, Fatwa. 2009. Peran Orang Tua dan Guru dalam Menangani Perilaku Hiperaktifitas pada Anak ADHD di SLB Negeri 3 Yogyakarta. Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 2 (1).

Winarsih, Sri, dkk. 2013. Panduan Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus Bagi Pendamping (Orang Tua, Keluarga, dan Masyarakat). Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

Zaini, Fristi Islamiyah. 2020. Conduct Disorder, Perilaku Agresif Anak yang Bertahan. https://www.dfunstation.com/blog/r ead/psikologi/140/conduct-disorderperilakuagresif-anak-yang-bertahan (diakses tanggal 27 Desember 2021

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-30

Cara Mengutip

Mamduhah, A., & Jayanti, K. (2024). GANGGUAN PERKEMBANGAN PADA ANAK DI TKQ AN-NAMLU KARAWANG. MURANGKALIH: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(01), 39–48. https://doi.org/10.35706/murangkalih.v5i01.10189