ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT

Penulis

  • rahnis arofah UNSIKA
  • Yusi Ardiyanti

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemahaman matematis dan berpikir kreatif pada siswa SMP pada materi bagun datar segiempat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif . Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A MTS Al-Fathimiyah Tahun Pelajaran 2023/2024. Instrumen dalam penelitian adalah tes kemampuan pemahaman matematis dan berpikir kreatif berbentuk uraian dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian bedasarkan hasil dan pembahasan kemampuan pemahaman matematis siswa sebesar 5% pada kategori tinggi, 15% pada kategori sedang, dan 80% pada kategori rendah. Bedasarkan hasil tes kemampuan berpikir kreatif siswa berada dalam kategori rendah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman matematis siswa MTS Al-Fathimiyah  kelas VIII-A tergolong rendah. Sedangkan kemampuan berpikit kratif siswa 10% pada kategori tinggi, 75% pada kategori sedang dan 15% pada kategori rendah sehingga, dapat disimpulkan kemampuan berpikir kreatif siswa MTs Al-Fathimiyah berada dalam kategori sedang.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-10-08

Cara Mengutip

arofah, rahnis, & Ardiyanti, Y. . (2024). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT. Prosiding Sesiomadika, 5(4). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/10284

Terbitan

Bagian

Artikel