IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Penulis

  • Nurilah nurilah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dori Lukman Hakim Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Hendra Kartika Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Kajian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya model problem based learning dalam pembelajaran matematika. Tujuan dari kajian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning dalam pembelajaran matematika. Model problem based learning merupakan model pembelajaran yang menyuguhkan berbagai situasi bermasalah yang autentik dan bermakna kepada siswa yang berfungsi sebagai batu loncatan untuk investigasi dan penyelidikan. Melalui model problem based learning siswa dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan juga dapat membantu siswa dalam mengaplikasikan pengetahuan yang mereka miliki untuk memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari, melalui langkah-langkah dengan melakukan orientasi siswa pada masalah, mengorganisasi siswa untuk belajar, membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Model problem based learning sesuai proses pembelajaran matematika, dimana siswa harus diarahkan pada permasalahan kehidupan sehari-hari. Hasil berbagai kajian terkait model problem based learning memperlihatkan bahwa model problem based learning sangat penting di implementasikan pada siswa dalam proses pembelajaran matematika

 

Kata Kunci: model problem based learning

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amalia, J. (2014). “Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMPN 8 Padang”. Jurnal Pendidikan Matematika. 3,(2), 38-43.

Arends, R. (2008). Belajar untuk Mengajar (Edisi ketujuh). Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

stuti, D. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP. Skripsi Universitas Lampung. Lampung Tidak diterbitkan.

Cahdriyana, R. (2016). “Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika siswa SMP”. Jurnal Pendidikan Matematika. 6, (2), 181-182.

Fadillasari. (2017). “Penerapan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Trigonometri Kelas X SMAN 3 Pontianak”. Jurnal Pendidikan Matematika. 1, (2), 4-5.

Fitria, Y. (2017). “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP”. Jurnal Pendidikan Matematika. 1, (1), 38-53.

Nurbaiti, S. (2016). “Pengaruh Pendekatan Problem Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan Matematika. 1, (1), 10-11.

Maryati. (2018). “Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pola Bilangan di SMP”. Jurnal Mosharafa. 7, (1), 67.

Restiono, A. (2013). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Mengembangkan Aktivitas Berkarakter dan Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMP. Skripsi Universitas Negri Semarang. Semarang Tidak Diterbitkan. Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pres

Baharuddin, F. (2014). “Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Panjang Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran Di Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu”. Jurnal Elektronik Pendidian Matematika Tadulako. 2, (1), 76

Ubaidillah, Z. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Skripsi. Universitas Islam Negri Jakarta Tidak diterbitkan.

Zuliana, E. (2017).”Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Kartu Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan Matematika. 1,(2), 54-5

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-26

Cara Mengutip

nurilah, N., Hakim, D. L., & Kartika, H. (2021). IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Prosiding Sesiomadika, 1(1b). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2102

Terbitan

Bagian

Artikel