PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI

Penulis

  • hamzah arfianto universitas singaperbangsa karawang
  • dori lukman hakim pendidikan matematika unsika

Abstrak

Artikel ini mengkaji kemampuan penalaran matematis siswa pada materi fungsi komposisi. Hal ini diupayakan untuk mendapat gambaran siswa dalam  melakukan manipulasi matematika, lalu menyusun bukti akan alasan terhadap solusi yang relevan, dan dapat memaparkan pernyataan matematika secara tertulis, serta dapat menarik kesimpulan pernyataan dalam bentuk lisan, tertulis, gambar, dan diagram. Sehingga dalam artikel ini dipaparkan bagaimana kemampuan penalaran matematis pada materi fungsi komposisi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Bartle, R. G., & Sherbert, D. R. (2000). Introduction to Real Analysis, Fourth Edition.

Chisara, dkk. (2018). Implementasi Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Dalam Pembelajaran Matematika. Sesiomadika,65-72. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2097

Hakim, D. L. (2017). Penerapan Permainan Saldermath Algebra Dalam Pelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Di Karawang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Volume 2 Nomor 1, 10-19. P-ISSN. E-ISSN. http://journal.upgris.ac.id/index.php/JIPMat/article/view/1476

______. (2017). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Matematika Media Prezi Teaching Math Training Materials Making Media Prezi. UNES Journal of Community Service, Volume 2 Issue 2, 157-163. P-ISSN. E-ISSN. http://journal.univ-ekasakti-pdg.ac.id

______. (2017).Efforts To Improve Student Learning Ourcomes By Using Cooperative Learning Type Of Student Teams Achievment Division (STAD). Proceeding of International Conference On Research, Implementation And Education Of Mathematics And Sciences 2014, Volume 2 Nomor 1, 135-1142. ISBN. https://eprints.uny.ac.id/11548/

Hakim & Daniati. (2014). Efektivitas Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa SMP. Seminar Nasional Riset Inovatif II, 259-264. ISSN. https://eproceeding.undikhsa.ac.id/index.php/senari/article/view/458

Hakim & Sari. (2019). Aplikasi Game Matematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghitung Matematis. JPPM, Volume 12 Nomor 1, 129-141. http://www.jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/4860

Khasanah. (2019). Kemampuan Penalaran Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Fungsi Komposisi Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Kelas X MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung.SKRIPSI.

Mauludi, B. M. (2017). Profil Metakognisi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers. SKRIPSI.

NCTM. (2000). Principle And Standards For School Matheatics. Reston. ISBN

Nurilah, dkk. (2018).Implementasi Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Sesiomadika,73-82. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2102

Rifai, A. S. (2016). Analisis Kesulitan Siswa Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Komposisi Fungsi dan Invers Fungsi Kelas XI SMA Negeri 8 Bulukumba Kabupaten Bulukumba. SKRIPSI.

Sariningsih, R. (2014). Peningkatan kemampuan penalaran matematik siswa SMA menggunakan pembelajaran kontekstual. Makalah dipresentasikan pada seminar nasional pendidikan matematika program pasca sarjana, STKIP Siliwangi Bandung, Tersedia di http:/publikasi.stkipsiliwangi.ac.id/files/2014/01/prosiding-15-januari 2014.pdf

Sujarweni, V.Wiratna. 2014. Metodeologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sumartini. T, S. (2015). Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Jurnal pendidikan matematika. Vol. 5 – No. 1, April 2015, ISSN: 2086 – 4299.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

arfianto, hamzah, & hakim, dori lukman. (2019). PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI. Prosiding Sesiomadika, 2(1e). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/3020

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>