PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI
Abstrak
Artikel ini mengkaji kemampuan penalaran matematis siswa pada materi fungsi komposisi. Hal ini diupayakan untuk mendapat gambaran siswa dalam melakukan manipulasi matematika, lalu menyusun bukti akan alasan terhadap solusi yang relevan, dan dapat memaparkan pernyataan matematika secara tertulis, serta dapat menarik kesimpulan pernyataan dalam bentuk lisan, tertulis, gambar, dan diagram. Sehingga dalam artikel ini dipaparkan bagaimana kemampuan penalaran matematis pada materi fungsi komposisi.Unduhan
Referensi
Bartle, R. G., & Sherbert, D. R. (2000). Introduction to Real Analysis, Fourth Edition.
Chisara, dkk. (2018). Implementasi Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Dalam Pembelajaran Matematika. Sesiomadika,65-72. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2097
Hakim, D. L. (2017). Penerapan Permainan Saldermath Algebra Dalam Pelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Di Karawang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Volume 2 Nomor 1, 10-19. P-ISSN. E-ISSN. http://journal.upgris.ac.id/index.php/JIPMat/article/view/1476
______. (2017). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Matematika Media Prezi Teaching Math Training Materials Making Media Prezi. UNES Journal of Community Service, Volume 2 Issue 2, 157-163. P-ISSN. E-ISSN. http://journal.univ-ekasakti-pdg.ac.id
______. (2017).Efforts To Improve Student Learning Ourcomes By Using Cooperative Learning Type Of Student Teams Achievment Division (STAD). Proceeding of International Conference On Research, Implementation And Education Of Mathematics And Sciences 2014, Volume 2 Nomor 1, 135-1142. ISBN. https://eprints.uny.ac.id/11548/
Hakim & Daniati. (2014). Efektivitas Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa SMP. Seminar Nasional Riset Inovatif II, 259-264. ISSN. https://eproceeding.undikhsa.ac.id/index.php/senari/article/view/458
Hakim & Sari. (2019). Aplikasi Game Matematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghitung Matematis. JPPM, Volume 12 Nomor 1, 129-141. http://www.jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/4860
Khasanah. (2019). Kemampuan Penalaran Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Fungsi Komposisi Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Kelas X MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung.SKRIPSI.
Mauludi, B. M. (2017). Profil Metakognisi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers. SKRIPSI.
NCTM. (2000). Principle And Standards For School Matheatics. Reston. ISBN
Nurilah, dkk. (2018).Implementasi Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Sesiomadika,73-82. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2102
Rifai, A. S. (2016). Analisis Kesulitan Siswa Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Komposisi Fungsi dan Invers Fungsi Kelas XI SMA Negeri 8 Bulukumba Kabupaten Bulukumba. SKRIPSI.
Sariningsih, R. (2014). Peningkatan kemampuan penalaran matematik siswa SMA menggunakan pembelajaran kontekstual. Makalah dipresentasikan pada seminar nasional pendidikan matematika program pasca sarjana, STKIP Siliwangi Bandung, Tersedia di http:/publikasi.stkipsiliwangi.ac.id/files/2014/01/prosiding-15-januari 2014.pdf
Sujarweni, V.Wiratna. 2014. Metodeologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press
Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sumartini. T, S. (2015). Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Jurnal pendidikan matematika. Vol. 5 – No. 1, April 2015, ISSN: 2086 – 4299.