Representasi Siswa SMP pada Konsep Persamaan Garis Lurus
Abstrak
Penulisan aritkel ini untuk mengkaji kemampuan representasi matematis siswa pada materi persamaaan garis lurus, hal ini diupayakan untuk menggambarkan bagaimana permasalahan matematis dengan melibatkan ekspresi matematis, penyajian informasi atau data kedalam bentuk representasi tabel, membuaut gambaran untuk memperjelas masalah dan membuat penyelesaiannya, serta membuat situasi masalah berdasarkan informasi atau data representasi yang diberikan. Sehingga dalam artikel ini dipaparkan bagaimana gambaran representasi siswa dalam kemampuan representasi matematisnya pada materi persamaan garis lurus.
Kata kunci:
Representasi Matematis, Persamaan Garis Lurus
Unduhan
Referensi
BIBLIOGRAPHY l 1057 Daniati, N., & Hakim, D. L. (2014). Efektivitas Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa SMP. Seminar Nasional Riset Inovatif, 259-264.
Devi, M. P. (2018). Pemahaman Konsep Persamaan Garis Lurus Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VIII.
Effendi, S. (2012). Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.
Hakim, D. L. (2014). Efforts To Improve Student Learning Ourcomes By Using Cooperative Learning Type Of Student Teams Achievement Division (STAD). Proceeding of International Conference On Resesarch, Implementation And Education of Mathematics And Sciences 2014.
Hakim, D. L. (2017). Penerapan Mobile Learning dalam Mengembangkan Kemampuan Komuikasi Matematis, Representasi Matematis, dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. 1-12.
Hakim, D. L., & Sari, R. M. (2019). Aplikasi Game Matematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghitung Matematis. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 129 - 141.
Hudiono. (2005). Peran Pembelajaran Diskursus Multi Representasi Terhadap Perkembangan Kemampuan Matematik Dan Daa Representasi Pada Siswa SLTP.
Mailiana, A. S. (2014). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Komposisi Fungsi Dan Invers Pada Kelas XI IPA 3 MAN Rejotangan. Skripsi. Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung.
Marini, O., Alam, A. K., & Sulistiawati. (2016). Penggunaan Media Software GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 99-107.
Mudzakir. (2006). Strategi Pembelajaran Think - Talk - Write Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematik Beragam Siswa SMP. Tesis PPS UPI Bandung.
NCTM. (2000). Priciples and Standards or School Mathematics. USA: NCTM.
Nurilah, Hakim, D. L., & Kartika, H. (2018). Implementasi Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Sesiomedika), 73 - 82.
Putra, A. P. (2016). Analisis Kesulitan Siswa dalam Penyelesaian Soal Sifat - Sifat Gradien Bab Persamaan Garis Lurus pada Siswa SMP PGRI Arjosari Kabupaten Pacitan. Jurnal Pendidikan Matematika, 44 - 67.
Rasyid, A. N., & Irawati, S. (2017, Desember 12). Penerapan Realistic Mathematics Education Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1590 - 1595.
Sujarweni, V. W. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sumarmo, U. (2010). Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan Peserta Didik. Makalah FPMIPA UPI.
Sumarsih. (2016). Analisis Kesulitan Siswa SMP Dalam Mempelajari Persamaan Garis Lurus dan Alternatif Pemecahannya. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika, 415 - 430.
Umam, K., Saryawati, & Septiana, E. (2017). Identifikasi Kesulitan Siswa Dalam Memeahami Persamaan Garis Lurus Di SMP Negeri 6 Banda Aceh. Serambi Academia.