ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL

Penulis

  • nani mulyani unsika
  • hanifah hanifah unsika

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kesulitan siswa dan faktor penyebab kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi aritmatika sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitiann ini adalah 6 siswa yang terdiri dari 2 siswa kategori tinggi, 2 kategori sedang, dan 2 kategori rendah yang terindikasi mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal aritmatika sosial. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa dalam menyelesaikan soal mengalami kesulitan dalam menuliskan unsur diketahui dan ditanyakan, mengingat rumus, menghitung dan kurang mengerti dengan soal. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada materi aritmatika sosial yaitu subjek 1 dan subjek 2 mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah dan memeriksa kembali hasil yang diperoleh, subjek 3 dan subjek 4 mengalami kesulitan dalam merencanakan penyelesaian masalah, menyelesaikan masalah dan memeriksa kembali hasil yang diperoleh, subjek 5 dan subjek 6 mengalami kesulitan dalam proses memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, menyelesaikan masalah dan memeriksa kembali hasil yang diperoleh. Faktor yang mempengaruhi kesulitan tersebut yaitu kesehatan fisik yang tidak baik, motivasi yang rendah, terganggunya fungsi pancaindera, minat belajar yang kurang dan tidak menguasai materi dasar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Bancong, Hartono (2014). “Studi Kualitatif Gaya Berfikir Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Fisika”. Barkala Fisika Indonesia, 6(1) : 11-17. Diakses 02 September 2018.

Cruz, Jes Kier and Minie Rose Lapinid. (2014). Proceedings from DLSU:Students’ Difficulties in Translating Worded Problems into Mathematical Symbols. Manila : De La Salle University. Diakses 02 September 2018.

Erganita D. (2012). “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-langkah Polya Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Surakarta Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Siswa”. Tesis : Program Studi Pendidikan Matematika Program PascaSarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Depsiknas (2006). Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Jayantika, Putri. (2017). “Analisis kesalahan siswa smp dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan metode analisis kesalahan newman”. Skripsi : FKIP Universitas Singaperbangsa Karawang.

Komarudin, (2016). “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Pemecahan Masalah

Matematika Pada MAteri Peluang Berdasarkan High Order Thingking dan Pemberian Scaffolding”.

Masbied. (2011). Teori pemecahan masalah polya dalam pembelajaran matematika. [Online]. Tersedia : https://masbied.files.wordpress.com/2011/05/modul-matematika-teori-belajar-polya.pdf

Mulyawati (2017) “Analisis kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi segitiga dan segi empat”. Skripsi : FKIP Universitas Singaperbangsa Karawang.

Nico, Lingga. P. (2012). Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa. [Online]. Tersedia : https://elnicovengeance.wordpress.com/2011/03/20/faktor-faktor-penyebab-kesulitan-belajar-siswa/[3November2017]

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitati, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ulya, Himmatul. (2016). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal Problem Solving. Jurnal Konseling GUSJIGANG Vol. 2 No. 1. ISSN 2460-1187.

Yuwono, M. R. (2016). Analisis kesulitan belajar siswa kelas VII SMP dalam menyelesaikan soal materi segitiga dan alternative pemecahannya. Program Studi Matematika, FKIP, Unwidha Klaten. ISSN 0215-9511 Vol28, No 95. [Online]. Tersedia: http://journal.unwidha.id/index.php/magistra/article/view/689[5November2017]

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-26

Cara Mengutip

mulyani, nani, & hanifah, hanifah. (2021). ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL. Prosiding Sesiomadika, 1(1a). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2139

Terbitan

Bagian

Artikel