PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SERTA SELF CONFIDENCE SISWA SMP DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ELICITING ACTIVITIES (MEA)
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta dilapangan yang menunjukkan masih rendahnya kemampuan representasi matematis serta self confidence siswa SMP. Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah pencapaian dan peningkatan kemampuan representasi matematis serta perbedaan self confidence siswa SMP yang menggunakan Model Eliciting Activities (MEA) dengan yang menggunakan pembelajaran langsung. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Rawamerta. Pengambilan sampel dilakukan secara Purposive Sampling yang terdiri dari dua kelas yang dijadikan sebagai sampel, yakni kelas VII G sebagai kelas eksperimen memperoleh pembelajan Model Eliciting Activities (MEA) yang berjumlah 37 orang siswa dan kelas VII I sebagai kelas kontrol memperoleh pembelajaran langsung yang berjumlah 38 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data penelitian berupa tes kemampuan representasi matematis serta berupa angket non tes self confidence. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai signifkansi skor postes kemampuan representasi matematis 0,008, kemudian untuk nilai signfikansi skor N-Gain kemampuan representasi matematis 0,009, serta untuk nilai signifikansi skor Rank Self Confidence 0,032. Berdasarkan hasil analisis data di atas diperoleh kesimpulan bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Model Eliciting Activities (MEA) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran langsung, serta terdapat perbedaan kemampuan self confidence siswa yang mendapatkan pembelajaran Model Eliciting Activities (MEA) dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran langsungUnduhan
Referensi
Abror, Akmal. (2017). “Penerapan Pendekatan Realistik Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi serta Disposisi Matematis Siswa MTs”. Skripsi FKIP Universitas Singaperbangsa Karawang: Tidak Diterbitkan
Amalia, Yuli. (2015). “Penerapan Model Eliciting Activities untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Self Confidence Siswa SMP”.Jurnal Didaktik Matematika. ISSN.2355-4185
Hanifah. (2015). Penerapan Pembelajaran Model Eliciting Activities (MEA) dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 191-198.
Zulkarnaen, Rafiq. (2015). “Pengaruh Model Eliciting Activities Terhadap Kreativitas Matematis pada Siswa Kelas VIII pada satu Sekolah di Kab.Karawang”. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kombinasi.Bandung: Alfabeta
Sulastri, dkk. (2017). “Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik”. Jurnal Tadris Matematika. 10(1), 51-69 ISSN.2085-5893