PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SERTA KECEMASAN MATEMATIS SISWA SMP DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS

Penulis

  • INDRI LUPITA SEPTAHANI unsika
  • hanifah hanifah unsika

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta dilapangan yang menunjukan bahwa masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis serta kecemasan matematis siswa SMP. Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah mengenai pencapaian dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis serta perbedaan kecemasan matematis antara siswa yang memperoleh model pembelajaran Means-Ends Analysis lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran langsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode kuasi eksperimen dengan bentuk desain non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII pada sekolah SMP Negeri 6 Karawang Barat. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan memilih dua kelas sebagai sampel yaitu kelas VII G sebagai kelas eksperimen dan VII F sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini menggunakan tes untuk kemampuan pemecahan masalah matematis dan non tes untuk kecemasan matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai signifikansi skor postes kemampuan pemecahan masalah matematis yaitu 0,000, kemudian untuk nilai signifikansi skor n-gain yaitu 0,000 dan untuk nilai signifikansi skor kecemasan matematis yaitu 0,000. Berdasarkan hasil analisis data di atas bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Means-Ends Analysis lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran langsung, serta terdapat perbedaan kecemasan matematis antara siswa yang memperoleh model pembelajaran Means-Ends Analysis lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran langsung.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Al Fajar, Rama Yuda. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa kelas VIII-F SMPN 14 Banjarmasin Melalui Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA). Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Universitas Lambung Mangkurat Vol 4, No.2 2016.

Aunurrofiq. Dan Junaedi, Iwan. (2017). Kecemasan Matematik siswa dalam Menyelesaian Soal-Soal Pemecahan Masalah. Semarang: Jurnal UNNES

Citroresmi, N. Dan Nurhayati. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia Vol.2, No.1, Maret 2017

Diansyah, Yayan. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Means-Ends Analysis(MEA). Prodi Pendidikan Matematika, FKIP UNSIKA: Tidak diterbitkan.

Juanda, M,R. Dkk. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA). Jurnal Kreano, Vol 5 No.2, Hal 105-11.

Miftahurrahmah, Nanda. (2017). Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP. Prodi Pendidikan Matematika, FKIP UNSIKA: Tidak diterbitkan.

Rahman, Ulfiani. Dkk. (2015). Pengaruh Kecemasan Dan Kesulitan Belaja Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas X MA Negeri 1 Watampone Kabupaten Bone. Jurnal MaPan, Vol.3, No.1, Juni 2015

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yuliantie, Hilda. (2017). Penerapan Model Problem Possing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Siswa SMP. Prodi Pendidikan Matematika, FKIP UNSIKA: Tidak diterbitkan

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-26

Cara Mengutip

LUPITA SEPTAHANI, I., & hanifah, hanifah. (2021). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SERTA KECEMASAN MATEMATIS SISWA SMP DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS. Prosiding Sesiomadika, 1(1a). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2145

Terbitan

Bagian

Artikel