PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LKS MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KREATIF DAN PRODUKTIF UNTUK SISWA SMA

Penulis

  • Intan Citra Pratiwie
  • Dayat Hidayat
  • hendra kartika

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta di lapangan yang menunjukkan bahwa dalam kegiatan belajar siswa mengalami beberapa kesulitan dalam menyelesaikan soal pada bahan ajar. Oleh karena itu, tujuan bahan ajar memiliki peran yang yang sangat penting dalam keberhasilan pembelajaran matematika. Salah satu bentuk bahan ajar yang digunakan siswa SMA saat ini kurang melibatkan siswa baik secara fisik maupun mental dan kurang memberikan kesempatan siswa untuk berpikir secara eksploratif untuk menemukan dan membangun konsep Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilakan LKS dengan model pembelajaran kreatif dan produktif pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel di kelas X SMA yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Thiagarajan, Semmel & Semmel yang terdiri dari tahap pendefinisian, tahap perancangan, dan tahap pengembangan. Penelitian ini dilakukan di MAN 2 Karawang di kelas X IPA 1 sebanyak duabelas siswa berdasarkan tingkatan kategori tinggi, sedang, dan rendah. Pada tahap pengembangan dilakukan uji validitas oleh tiga ahli dan uji coba kelompok kecil yang terdiri dari duabelas siswa. Penelitian ini merupakan jenis data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif yang dihasilkan berupa tanggapan-tanggapan atau saran dari validator. Sedangkan data kuantitif diperoleh dari hasil penskoran yang telah diberikan oleh validator. Pengumpulan data ini berupa lembar validasi ahli dan angket respon siswa. Uji validasi dilakukan untuk menentukan kevalidan LKS dan uji kelompok kecil dilakukan untuk menentukan kepraktisan LKS ditinjau dari hasil respon siswa. Teknik analisis data menggunakan hasil validasi ahli dan hasil validasi respon siswa. Hasil uji validasi terhadap LKS yang dikembangkan menunjukkan LKS memenuhi kriteria sangat valid dengan skor rata-rata 3,19. Sedangkan hasil uji kelompok kecil menunjukkan LKS memenuhi kriteria praktis ditinjau dari hasil respon siswa dengan skor rata-rata 82,20%. Dengan demikian, dihasilkan LKS dengan model pembelajaran kreatif dan produktif pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel di kelas X SMA yang sangat valid dan praktis.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ismail, d. (2008). Pembaharuan dalam Pembelajaran Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Kunandar. (2011). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat SatuanPendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Pers.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-26

Cara Mengutip

Citra Pratiwie, I., Hidayat, D., & kartika, hendra. (2021). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LKS MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KREATIF DAN PRODUKTIF UNTUK SISWA SMA. Prosiding Sesiomadika, 1(1a). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2150

Terbitan

Bagian

Artikel