PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP

Penulis

  • Winarsih Winarsih Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dayat Hidayat Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Agung Prasetyo Abadi Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan pemahaman konsep natematis dan fakta rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model learning cycle 5e lebih baik dari model pembelajaran langsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian kuasi eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelompok kontrol non-ekuivalen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Ciampel dengan pengambilan sampel menggunakan teknik pusposive sampling dipilih kedua  kedua kelas yaitu kelas VIIA dan VIIB yang masing-masing 38 responden dari 386 siswa kelas VII.  Teknik pengumulan data adalah dengan menggunakan tes uraian terdiri dari tujuh soal. Berdasakan analisis statistik  data N-gain disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model learning cycle 5e lebih baik daripada siswa yang menggunakan  model pembelajaran langsung.

                                                                                                      

Kata Kunci : Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, dan  Model Learning Cycle 5e

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afrilianto, M. (2012). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kompetensi Strategis Matematika Siswa SMP dengan Pendekatan Metaphorical Thinking. Infinity Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika . 2 (2).

Juniastuti, N. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Kemampuan Pemahamn Konsep Matematis Siswa SMP Kelas VII. Skripsi Sarjana pada FKIP UNSIKA: Tidak diterbitkan.

Minasari, W. (2017). Penerapan Pembelajaran Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika SMPN 1 Pasie Raja. Skripsi Sarjana pada FTDK UIN AR-RANIRy Darussalam Banda Aceh: Tidak diterbitkan.

Ruseffendi. (2005). Dasar-dasar Penelitian Pendidkan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung : Tarsito.

Soemarmo, U dan Hendriana, H. (2017). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama .

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuatitatif Kualitatif & R&D. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, R. (2016). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sumarni, S dan Hasanah, D. W. (2015). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Siswa Kelas VIII C SMPN 11 Yogyakarta. Jurnal Derivat. 2407- 3792.

Wena, Made. (2016). Stretegi Pembelajaran Inovatif Kontamporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Akasara.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-26

Cara Mengutip

Winarsih, W., Hidayat, D., & Abadi, A. P. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP. Prosiding Sesiomadika, 1(1b). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2107

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>