Analisis Tingkat Adversity Quotient (AQ) Siswa SMA Pada Pembelajaran Matematika Melalui Problem Based Learning (PBL)

Penulis

  • pujillah purwanti Pendidikan Matematika UNSIKA
  • Dadang Rahman Munandar Pendidikan Matematika UNSIKA

Abstrak

ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat Adversity Quotient (AQ) siswa melalui Problem Based Learning (PBL) atau pembelajaran berbasis masalah pada siswa SMA. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAIT Insan Harapan Tahun Pelajaran 2019/2020. Pemilihan sampel pada penelitian ini dengan cara simple random sampling, diperoleh sebanyak 20 siswa dari kelas X IPA 2. Pengambilan data diperoleh dengan menggunakan metode non tes, yaitu observasi dan pemberian angket untuk menentukan tingkat Adversity Quotient (AQ) siswa yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan metode deskriptif. Dari hasil penelitian diperoleh presentase tingkat Adversity Quotient siswa, yaitu terdapat 0% untuk kategori tinggi dengan jumlah sebanyak 0 siswa, 10% untuk kategori sedang dengan jumlah sebanyak 2 siswa, dan 90% untuk kategori rendah dengan jumlah sebanyak 18 siswa. Sehingga dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa tingkat Adversity Quotient (AQ) siswa SMA pada pembelajaran matematika yang dianalisis melalui pembelajaran bersbasis masalah masihlah rendah, yaitu dengan persentasi 90% dari 20 orang siswa.

 

Kata kunci:

Adversity Quotient (AQ), Problem Based Learning (PBL), Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Matematika SMA.

 

  

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Aini, Nurul. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Ditinjau Dari Adversity Quotient Dalam Menyelesaikan Soal Peluang Berbasis Lesson Study For Learning. Universitas Jember. Jawa Timur. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Diana, Nida’u. (2008). Study Deskriptif Tentang Adversity Quotient Pada Siswa Kelas Akselerasi Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Malang. Universitas Islam Negeri Malang. Malang. Skripsi Fakultas Psikologi.

Hasbi, Muh. Paloloang, Baharuddin. dan Rukmana, Intan. (2016). Hubungan Adversity Quotient Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri Model Terpadu Madani Palu. Universitas Tadulako. Palu. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika.

Hidayat, Wahyu. dan Sariningsih, Ratna. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. IKIP Siliwangi. Kota Cimahi. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika.

Irianti, Eky P. dan Ismail. (2017). Proses Pemecahan Masalah Matematika Siswa Berdasarkan Adversity Quotient (AQ). Universitas Negeri Surabaya. Surabaya. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika.

Kusuma, Shinta. dan Wati, Ega. R. (2019). Menjadi Guru Hebat dengan Hypnoteaching. Jakarta: Kata Pena.

Lestari, Karunia E. dan Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Roheni. (2013). Kemampuan Siswa SMP Dalam Pemecahan Masalah Dan Self Efficacy Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Stoltz, Paul G. (2000). Adversity Quotient Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sudarman. (Ed.). Adversity Quotient Pembangkit Motivasi Siswa Dalam Belajar Matematika. Universitas Tadulako. Palu. Artikel Program Studi Pendidikan Matematika.

Sugiono. (2002). Statistika Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

Wardiana, I Pt Arya. Wiarta, I Wyn. dan Zulaikha, Siti. (2014). Hubungan Antara Adversity Quotient (AQ) Dan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SD Di Kelurahan Pedungan. Universitas Pendidikan Ganesha. Denpasar. Jurnal Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

purwanti, pujillah, & Munandar, D. R. (2019). Analisis Tingkat Adversity Quotient (AQ) Siswa SMA Pada Pembelajaran Matematika Melalui Problem Based Learning (PBL). Prosiding Sesiomadika, 2(1d). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2445

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>