Analisis Tingkat Kecemasan Matematis Siswa SMP

Penulis

  • Nia Nur Fadilah Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dadang Rahman Munandar Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang tingkat kecemasan matematis siswa SMP. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IX pada salah satu SMP Negeri di kecamatan Klari Karawang Tahun Ajaran 2019/2020. Dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling, dipilih satu kelas dengan jumlah siswa sebanyak 41 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui instrumen berupa angket dengan indikator kecemasan matematis sebanyak 25 butir pernyataan, dianalisis dalam bentuk deskriptif statistik yang kemudian dikategorikan berdasarkan 4 norma kategori, diantaranya sangat tinggi, tinggi, rendah, dan sangat rendah. Setelah dihasilkan gambaran tingkatan kecemasan matematis, kemudian dipilih 4 siswa dimana setiap siswa mewakili setiap tingkat kategori untuk dianalisis secara deskiriptif jawaban angket yang telah diberikan. Hasil dari penelitian ini adalah keadaan kecemasan matematis siswa SMP Negeri di kecamatan Klari berada pada kondisi 9,8% berada pada tingkatan sangat tinggi, 41,5% berada pada tingkat tinggi, 29,3% berada pada tingkat rendah, dan pada tingka sangat rendah ada 19,5%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Annisa, D. F., & Ifdil. (2016). Konsep Kecemasan (Anxiety) pada Lanjut Usia (Lansia). Konselor, 93-99.

Astuti, U. D. (2013). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Matematik Ditinjau dari Kecemasan Belajar pada Siswa SMK Sewilayah Bogor. Jakarta: Perpustakaan Universitas Terbuka.

Darmadi, H. (2012). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Pontianak: Alfabeta.

Depdikbud. (2019, Oktober 07). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Retrieved from http://kemendikbud.go.id/

Disai, W. I., Dariyo, A., & Basaria, D. (2017). Hubungan antara Kecemasan Matematika dan Self-Efficacy dengan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA X Kota Palangkaraya. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 556-568.

Ferdianto, F., & Yesino, L. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi SPLDV Ditinjau dari Indikator Kemampuan Matematis. Supremum Journal of Mathematics Education, 32-36.

KBBI. (2019, Oktober 08). kbbi.web.id. Retrieved from https://kbbi.web.id/cemas.html

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Nelayani, N. (2013). Pengaruh Pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) terhadap Kemampuan Berpikir Logis dan Kecemasan Matematis Peserta Didik SMK. Bogor: Program Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Terbuka.

Nuraida, I. (2017). Merancang Uji Coba Realistik Mathematics Education (RME). Supremum Journal of Mathematics Education, 68-78.

Paramitha, G. T. (2016). Tingkat Percaya Diri Peserta Didik (Study Deskriptif pada Siswa Kelas X SMA Santo Paulus Nyarumkop Tahun Ajaran 2015/2016 serta Implikasinya terhadap Usulan Topik-Topik Bimbingan). Yogyakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma.

Riadi, M. (2019, Maret 13). Pengertian, Jenis, Gejala, dan Penyebab Kecemasan. Retrieved from KajianPustaka.com: https://www.kajianpustaka.com/2019/03/pengertian-jenis-gejala-dan-penyebab-kecemasan.html?m=1

Sherman, B. F., & Wither, D. P. (2003). Mathematics Anxiety and Mathematics Achievement. Mathematics Education Research Journal, 138-150.

Shishigu, A. (2018). Mathematics Anxiety and Prevention Strategy: An Attempt to Support Students and Strengthen Mathematics Education. Mathematics Education Trends and Research, 1-11.

Suharsimi, A., Suhardjono, & Supardi. (2009). Penelitian Tindak Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Fadilah, N. N., & Munandar, D. R. (2019). Analisis Tingkat Kecemasan Matematis Siswa SMP. Prosiding Sesiomadika, 2(1b). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2757

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>