Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik

Penulis

  • Brilianty Puspa Hapsari Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dadang Rahman Munandar Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Pendidikan memiliki peranan penting dalam mempersiapkan kehidupan di masa yang akan mendatang. Dalam dunia pendidikan memiliki satu mata pelajaran yang wajib dipelajari yaitu mata pelajaran matematika. Manfaat dari matematika ini salah satunya yaitu memberikan konstruk berpikir yang terencana, sehingga peserta didik diharapkan menajdi manusia yang rasional, logis, sistematis, kreatif, kritis, dan cermat. Dalam pembelajaran matematika, salah satu kemampuan matematis yang harus dimiliki peserta didik yaitu kemampuan representasi matematis. Dalam pembelajaran matematika ada hal yang perlu diperhatikan selain kemampuan yang harus dimiliki peserta didik, yaitu tentang bagaimana pemilihan model pembelajaran yang baik dan tepat untuk digunakan dalam pembelajaran sesuai dengan kondisi peserta didik di kelas. Di Indonesia sendiri memiliki berbagai macam model pembelajaran yang dapat digunakan yang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Artikel ini dibuat peneliti dengan tujuan memberikan referensi yang terkait dengan salah satu model pembelajaran dalam penerapannya terbukti terdapat pengaruh untuk meningkatkan kemampuan representasi peserta didik khususnya pada tingkat sekolah menengah pertama. Model pembelajaran yang dipilih peneliti yaitu penggunaan model pembelajaran discovery learning. Peneliti melakukan riset dengan metode kajian kepustakaan, yaitu merupakan salah satu upaya yang merangkum berbagai hasil penelitian dengan sampel sebanyak 5 referensi yang dipublikasikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan representasi matematis peserta didik. Dari penelitian yang dilakukan terbukti bahwa pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis peserta didik yaitu dengan menunjukkan adanya peningkatan terhadap kemampuan representasi matematis peserta didik.

 

Kata kunci:

Kajian Kepustakaan, Kemampuan Representasi Matematis, Discovery Learning

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alawiyah, S. T., & Dahlan, J. A. (2019). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas IX-G SMP Negeri 2 Bandung Pada Materi Persamaan Kuadrat Dengan Discovery Learning Model. Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah.

Annajmi. (2016). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematik Siswa SMP Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Geogebra di SMP N 25 Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Edu Research.

Diba, S. F., Bharata, H., & Widyastuti. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 236.

Fadilla, D. C. (2017). Efektivitas Model Guided Discovery Learning Ditinjau dari Kemampuan Representasi Matematis dan Self Confidence Siswa. Skripsi.

Kusumaningsih, W., & Marta, R. P. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 202-209.

Muhamad, N. (2015). Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

NCTM. (2000). Teacher Proffesional Development and Classroom Resaurces Across the Curriculum. Reston VA: NCTM.

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika IAIN Antasari, Vol.1 No.2.

Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasi pada KTSP. Jakarta: Kencana Prenada.

Triono, A. (2017). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 3 Tangerang Selatan. Skripsi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Tidak Diterbitkan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Hapsari, B. P., & Munandar, D. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik. Prosiding Sesiomadika, 2(1b). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2744

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>