Analisis Learning Loss Siswa Berdasarkan Interaksi Terhadap LKPD pada Materi Koordinat Kartesius

Penulis

  • Nisa Nabilatuzzahra Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Hanifah Nurus Sopiany

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan interaksi siswa dalam mengerjakan Lembar
Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk mengetahui permasalahan learning loss pada siswa pada
materi koordinat kartesius khususnya posisi titik terhadap sumbu-x dan sumbu-y sebagai
dampak dari pandemi covid-19. Materi ini memerlukan pemahaman prasyarat sistem
koordinat, aljabar, dan SPLSV yang dipelajari siswa saat berada di jenjang Sekolah Dasar
secara daring saat pandemi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode
kualitatif deskriptif mengenai interaksi siswa selama mengerjakan LKPD. Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah 2 orang siswa kelas VIII-I di SMP Negeri 2 Karawang
yang terdiri dari laki-laki dan perempuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan
interaksi siswa dalam mengerjakan LKPD yang mengindikasikan bahwa kedua siswa
mengalami learning loss dengan tingkat yang tidak terlalu parah pada submateri yang
berbeda.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-05-15

Cara Mengutip

Nabilatuzzahra, N., & Sopiany, H. N. (2023). Analisis Learning Loss Siswa Berdasarkan Interaksi Terhadap LKPD pada Materi Koordinat Kartesius. Prosiding Sesiomadika, 4(1). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/7707