PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMP DITINJAU DARI KAM MELALUI PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBASIS ADOBE FLASH PROFESIONAL

Penulis

  • ZULI NURAENI STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • UBA UMBARA STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstrak

Tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk mengkaji perbedaan peningkatan kemampuan literasi matematis yang siswa yang menggunakan pembelajaran pembelajaran RME berbasis Adobe Flash Profesional CS6 ditinjau dari kemampuan awal matematik siswa (atas, tengah, bawah). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen, karena subjek tidak dikelaskan secara acak tetapi peneliti menerima keadaan subjek seadanya. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain kelas kontrol non-ekuivalen (non equivalent control group design). Pada desain eksperimen ini terdapat dua kelas sampel, adanya pretest, perlakuan yang berbeda dan adanya posttest. Peningkatan kemampuan literasi matematis siswa diperoleh dari data N-gain. Teknik analisis data yang digunakan uji ANOVA dua jalur menggunakan General Linear Model Univariate Analysis. Dari data hasil penelitian diperoleh nilai Fhitung = 11,898 dengan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 lebih kecil dari ? = 0,05 sehingga hipotesis nol ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan literasi matematis siswa antara siswa yang berkemampuan tinggi, sedang dan rendah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Russeffendi, E.T. (2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Sembiring, R.K. (2010). Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Perkembangan dan Tantangannya. Jurnal IndoMS. J.M.E. Vol I No.1 Juli 2010, pp. 11-16.

Sugiman & Kusumah Y. (2010). Dampak Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal IndoMS. J.M.E. Vol I No.1 Juli 2010, pp. 11-16.

Sutopo, A.H. (2012). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Umbara, U. (2016). The Development of RME Learning Module Based Local Wisdom in Cigugur Traditional Community. International Advisory Board, 86.

Umbara, U. (2015). Implementasi Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP. Jumlahku, 1 (1), 1-1.

Van den Heuvel-Panhuizen, M (2003). The didactical use of models in realistic Mathematics education: an example from a Longitudinal trajectory on percentage. Freudenthal Institute, Utrecht University, Aïdadreef 12, 3561 GE Utrecht, The Netherlands

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-26

Cara Mengutip

NURAENI, Z., & UMBARA, U. (2021). PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMP DITINJAU DARI KAM MELALUI PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBASIS ADOBE FLASH PROFESIONAL. Prosiding Sesiomadika, 1(1b). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2095

Terbitan

Bagian

Artikel