Deskripsi Kebiasaan Berfikir Matematis Siswa di Era New Normal
Abstract
Kebiasaan berfikir matematis pada pembelajaran matematika dapat membantu siswa dalam
berpikir luwes, reflektif, rasa percaya diri, terbuka dan mampu mengubah pandangannya
ketika memperoleh informasi tambahan dari materi yang dipelajari. Tujuan penelitian ini
untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam kebiasaan berfikir matematis di era new
normal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan dengan metode survei.
Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas VIII sebanyak 37 siswa SMPN 3 Karawang Barat.
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pemberian angket kebiasaan berfikir matematis
yang terdiri dari 26 pernyataan dan mengukur empat aspek kebiasaan berfikir matematis..
Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan menentukan persentase rata-rata skor sikap
siswa. Hasil pengolahan dan analisis data diperoleh persentase rata-rata sebesar 67%. Hal ini
menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki kebiasaan berfikir matematis yang baik.