Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Soal Cerita Materi PLSV

Penulis

  • Salsabilla Agatha NurJannah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Sutirna Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Pemecahan masalah merupakan inti dari sebuah proses pembelajaran. Apabila siswa tidak memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis, siswa tersebut tidak dapat mencapai tujuan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada soal cerita di SMPN 3 Karawang Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas VIII-A sebanyak 17 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes. Tes yang diberikan berupa tes tertulis sebanyak 5 butir soal cerita mengenai materi PLSV. Data dianalisis sesuai dengan indicator kemampuan pemecaha nmasalah menurut Polya, yaitu (1) memahami masalah, (2) menyusun rencana penyelesaian, (3) melaksanakan rencana penyelesaian, (4) memeriksa kembali. Berdasarkan  penelitian diperoleh tingkatan kemampuan dalam pemecahan masalah matematis siswa, sebanyak 3 orang siswa termasuk kategori tinggi, kemudian sebanyak 11 orang termasuk kategori sedang, dan sebanyak 3 orang termasuk kategori rendah. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis sebagian siswa kelas VIII-A SMPN 3 Karawang Timur masih tergolong sedang.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-05-31

Cara Mengutip

NurJannah, S. A., & Sutirna. (2024). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Soal Cerita Materi PLSV. Prosiding Sesiomadika, 5(1), 125–136. Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/10357

Terbitan

Bagian

Artikel