Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi SPLTV

Penulis

  • Vedrika Mathilda Sembiring Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Sutirna Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematis dalam bentuk cerita pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 SMA Arif Rahman Hakim Tangerang Selatan tahun pelajaran 2022/2023. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis kemampuan pemecahan masalah matematis sebanyak lima soal. Metode penelitian yang digunakan untuk pengambilan data pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa presentase kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) pada tingkatan tinggi sebanyak 14,71%, pada tingkatan sedang sebanyak 61,76%, dan pada tingkatan rendah sebanyak 23,53%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X IPA 1 SMA Arif Rahman Hakim Tangerang Selatan tergolong pada tingkatan sedang.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-20

Cara Mengutip

Sembiring, V. M., & Sutirna. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi SPLTV. Prosiding Sesiomadika, 4(1). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/7590