Analisis Soft Skill Matematis Kelas VIII-J SMP Negeri 6 Karawang Barat Ditinjau dari Kemandirian Belajar

Penulis

  • Saidah Fitria Universiatas Singaperbangsa Karawang
  • Sutirna Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemandirian belajar siswa kelas VIII-J SMP Negeri 6 Karawang Barat dalam pembelajaran matematika pada kurikulum 2013 tentang penekanan keaktifan siswa dalam menemukan konsep pembelajaran dan peran guru sebagai fasilitator. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek seluruh siswa kelas VIII-J SMP Negeri 6 Karawang Barat yang terdiri dari 37 orang. Pengambilan data diperoleh dengan instrument berupa angket kemandirian belajar matematis yang terdiri dari 28 buah pernyataan dengan indikator yang disesuaikan dari pedoman pemberian skor pada angket kemandirian belajar. Hasil Pengolahan dan analisis data diperoleh persentase rata-rata keseluruhan indikator sebesar 68,26%. Pada aspek ini menunjukkan bahwa kemandrian belajar siswa kelas VIII-J SMP Negeri 6 Karawang Barat sudah baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-20

Cara Mengutip

Fitria, S., & Sutirna. (2023). Analisis Soft Skill Matematis Kelas VIII-J SMP Negeri 6 Karawang Barat Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Prosiding Sesiomadika, 4(1). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/7609