Perancangan Perangkat Lunak Borang Akreditasi Program Studi

Penulis

  • Ahmad Fauzi
  • Oman Komarudin

DOI:

https://doi.org/10.35706/solusi.v11i25.28

Abstrak

Program studi sebagai penyelenggara tridharma perguruan tinggi harus melakukan proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmennya terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan program tridarma perguruan tinggi, guna menentukan kelayakan program studi untuk menyelenggarakan program akademiknya. Program Studi Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Singaperbangsa Karawang berkomitmen dengan mutu dengan melakukan akreditasi sesuai standar BAN-PT. Pengisian borang akreditasi dengan aplikasi pengolah kata kurang terintegrasi dengan dokumentasi kinerja program studi yang berjalan. Sehingga diperlukan perangkat lunak untuk dokumentasi borang akreditasi program studi dalam bentuk aplikasi yang sesuai dengan standar BAN-PT yang mudah diakses oleh tim borang program studi.
Metode pengembangan perangkat lunak menggunakan metode Waterfall yang memiliki tahapan-tahapan pelaksanaan perancangan perangkat lunak yaitu analisis, perancangan, implementasi dan pengembangan. Perancangan didasarkan atas analisis sistem berjalan dan kebutuhan pengguna. Hasil yang didapatkan adalah perancangan perangkat lunak dari model analisis berbasis objek dan rancangan aplikasi berbasis web. Pengguna yang terlibat langsung dengan sistem adalah tim boring akreditasi dan Badan Penjaminan Mutu. Pengujian dari perancangan perangkat lunak menggambarkan kesesuaian dengan kemudahan dan kebutuhan pengguna. Kesimpulan dari penelitian ini adalah rancangan sudah efektif, dan aplikasi dapat dikembangkan untuk semua standar akreditasi BAN-PT dan diintegrasikan dengan sistem informasi akademik program studi.
Kata Kunci— Perangkat Lunak, Borang Akreditasi

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Borang dan Instrumen terbaru, 2009, BAN-PT, http://ban-pt.kemdiknas.go.id, 16 Pebruari 2012.

Boronczyk Timothy, 2009, Beginning PHP6, MYSQL, Apache Wiley Publishing Inc, Indiana Polis

Fatansyah, 2002, Basis Data, informatika, Bandung.

Ian Sommerville, 2004, Software Engineering 7 edition, Pearson Education

Jogiyanto HM, 2001, Analisis dan Desain Sistem Informasi, Andi Yogyakarta, Yogyakarta

__, 2011, Kajian Analisis Sistem Akreditasi Program Studi, Kementerian Pendidikan Nasional, Jakarta

Roger S. Pressman, Ph.D, 2002, Rekayasa Perangkat Lunak, Andi Yogyakarta.

Savage, J, 2004, Object Oriented Design with UML and Java, Elsevier Ltd, Burlington

##submission.downloads##

Diterbitkan

2012-12-01

Cara Mengutip

Fauzi, A., & Komarudin, O. (2012). Perancangan Perangkat Lunak Borang Akreditasi Program Studi. Majalah Ilmiah SOLUSI, 11(25). https://doi.org/10.35706/solusi.v11i25.28

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama