INTEGRASI DASHBOARD DENGAN FUZZY TIME SERIES DALAM MEMPREDIKSI KESEHATAN MASYARAKAT

Penulis

  • Jajam Haerul Jaman
  • Oman Komarudin

DOI:

https://doi.org/10.35706/solusi.v1i03.52

Abstrak

Fuzzy Time Series (FTS) adalah salah satu metode prediksi yang ada dalam lingkup fuzzy logic dengan model runtun waktu, metode tersebut menggabungkan antara ilmu komputer dengan statistika, dalam hal ini penulis melakukan analisis prediksi dalam mencari tahu kesehatan masyarakat dengan indikator keluhan penyakit pertahunnya, data yang penulis peroleh adalah data empiris yang di publikasi oleh badan pusat statistik nasional (BPS), hasil yang diperoleh dari peramalan tersebut adalah bahwa dari data yang penulis peroleh hingga tahun 2012 mendapatkah hasil peramalan di tahun 2013 adalah sebesar 30,50% jumlah penduduk yang mengalami keluhan kesehatan, ada kenaikan sebesar 1,91% dibandingkan dengan tahun sebelumnya, itu artinya bahwa memang kenaikan ini mengindikasikan bahwa kesehatan di masyarakat semakin hari semakin bertambah banyak dan bervariasi, sehingga diperlukan penangan khusus dalam menangani keluhan kesehatan tersebut.
Kata Kunci : Fuzzy Time Series, Dasboard Analysis, SAP, Forecasting

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Seng Hansun, 2012, Peramalan Data

IHSG Menggunakan Fuzzy Time Series, Universitas Multimedia Nusantara. Jakarta

Endah Puspita Sari, Lilik Lina Wati, Hanna Parhusip. 2012. Simulasi Peramalan Data Indeks Saham Gabungan (IHSG) dengan Fuzzy Time Series Using Percentage Change. Universitas Kristen Satya Wacana. Salatiga.

Saima Hasan, Jafreezal Jaafar, Brahim B, Samir, Tahseen A Jilani. 2012. A Hybrid Fuzzy Time Series Model For Forecasting.

P Arumugam, V Anithakumari. 2013.

Fuzzy Time Series Method for Forecasting Taiwan Export Data. International Journal Of Engineering Trend adn Technology (IJETT)

Abdul Rozak. 2011. Metode Autoregressive Fuzzy Time Series untuk Peramalan. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Agus Maman Abadi. 2009. Pemodelan Data Fuzzy Time Series Dengan Menggunakan Dekomposisi Nilai Singular dan Aplikasinya pada Perkiraan Tingkat Inflasi di Indonesia.

Jens Runi Pulsen. 2009. Fuzzy Time Series Forecasting. Aalborg University Esbjerg (AAUE)

Suyanto, ST., MSc. 2011. Artificial Intelligence. Informatika Bandung

##submission.downloads##

Diterbitkan

2015-07-09

Cara Mengutip

Jaman, J. H., & Komarudin, O. (2015). INTEGRASI DASHBOARD DENGAN FUZZY TIME SERIES DALAM MEMPREDIKSI KESEHATAN MASYARAKAT. Majalah Ilmiah SOLUSI, 1(03). https://doi.org/10.35706/solusi.v1i03.52