STRATEGI PENGEMBANGAN KINERJA GURU ATAS DASAR LINGKUNGAN KERJA, KOMPETENSI, PERAN KEPEMIMPINAN DAN DISIPLIN PADA YAYASAN DAARUL QUR’AN KLARI KABUPATEN KARAWANG

Penulis

  • Puji Isyanto
  • Asep Muslihat

DOI:

https://doi.org/10.35706/solusi.v11i25.31

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti-bukti empiric dan menemukan kejelasan fenomena serta kesimpulan tentang lingkungan kerja, kompetensi guru, peran kepemimpinan, disiplin, kinerja guru dan seberapa besar pengaruh lingkungan kerja, kompetensi guru, peran kepemimpinan dan disiplin terhadap kinerja guru baik secara parsial maupun simultan.
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat teoritis untuk pengembangan ilmu pengetahuan, baik konsep maupun teori yang berhubungan dengan lingkungan kerja, kompetensi guru, peran kepemimpinan, disiplin guru dan kinerja guru, serta manfaat praktis yaitu memberikan gambaran konkrit dalam pengembangan dan penerapan lingkungan kerja, dan kompetensi guru terhadap kinerja guru sekaligus memberi masukan kepada para pengambil keputusan dalam rangka merumuskan kebijaksanaan yang berkaitan dengan upaya membina dan meningkatkan kinerja guru.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan metoda deskriptif dan metode verifikatif, yaitu; mengumpulkan, menyajikan, menganalisis dan melakukan pengujian hipotesis, serta membuat kesimpulan dan saran.
Hasil analisis dan pembahasan data penelitian, diperoleh beberapa kesimpulan yaitu : lingkungan kerja, kompetensi guru, kepemimpinan, disiplin dan kinerja guru berada pada skala baik. Lingkungan kerja, kompetensi guru, peran kepemimpinan dan disiplin berpengaruh secara parsial terhadap kinerja guru. Lingkungan kerja, kompetensi guru, peran kepemimpinan dan disiplin berpengaruh secara simultan terhadap kinerja guru.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan perlu memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan lingkungan kerja, kompetensi guru, disiplin, sehingga dapat lebih ditingkatkan lagi fungsi dan peranannya serta dapat lebih dirasakan manfaatnya oleh guru maupun siswa. Strategi meningkatkan kinerja guru terutama melalui program dan kegiatan yang berkaitan dengan dimensi lingkungan kerja tambahan fasilitas, kenyamanan dalam berinteraksi misal dengan mengadakan study tour, outbond. Program dan kegiatan yang berkaitan dengan meningkatnya kompetensi guru seperti diadakan diklat, workshop pembelajaran, dan lain-lain. Meneliti aspek lain yang mempengaruhi kinerja guru, karena berdasarkan hasil koefisien determinasi yang menunjukan bahwa ada sebesar 26,2% variabel lain yang dapat mempengaruhi kinerja guru, misalnya etos kerja, kompensasi dan budaya organisasi
Kata kunci : lingkungan kerja, kompetensi, kepemimpinan, disiplin, kinerja

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Gomes, Faustino Cardoso. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CV. Andi Offset

Gunawan, Gatot. 2001. Pengaruh Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Kantor Bappeda Kabupaten Wonogiri. Tesis Program Pascasarjana. UMS. Surakarta

Harris, O., Jeff, Jr. 2000. managing People At Work, Consept and Casis in Interpersonal Behavior. USA: John Willey And Sons inc, New York.

Judanto, Tunggul. 2002. Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Kemampuan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Bank Danamon Semarang Pemuda). Tesis. Program Pascasarjana Magister Manajemen Universitas Dipenogoro Semarang.

Kuswanda, Uus. 2006. Pengaruh Kemampuan Kerja, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Pegawai Biro Dekonsentrasi dan Tugas Perbantuan SETDA Provinsi Jawa Barat. Tesis. Program Pascasarjana Magister Manajemen. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pasundan.

Kartono, K,. 2005. Pemimpin dan Kepemimpinan. Cetakan ketiga belas. Bandung: PT. RajaGrafindo Perkasa

Mangkunegara, Anwar. P. 2009. Evaluasi Kinerja SDM. Cetakan keempat. Bandung: PT. Refika Aditama

Miftah, Toha. 2001. Kepemimpinan dalam Manajemen: Suatu Pendekatan Perilaku. Jakarta : Rajawali Press.

Mathis, Robert L dan J.H. Jackson. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jilid 1. Jakarta: Salembe Empat

McShan, Stepehen L. And Mary Ann Von Glinow. 2005. Organizational Behaviour. Boston: McGraw Hill

Nawawi, Hadari. 2003. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Panji. 2009. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru di SMP Tut Wuri Handayani. Tesis. Bandung

Riduwan dan Kuncoro, Engkos Achmad. 2008. Cara Menggunakan dan Memaknai Analisis Jalur (Path Analysis). Cetakan Kedua. Bandung: Alfabeta.

Sedarmayanti. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil.Cetakan keempat. Bandung : PT. Refika Aditama

Siagian, Sondang. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta:Bumi Aksara

Siswanto, Bejo. 2005. Manajemen Tenaga Kerja, Rancangan dalam Pendayagunaan dan Pengembangan Unsur Tenaga Kerja. Bandung:Sinar Baru.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV. Alfabeta.

Swasto, Bambang. 1996. Pengembangan Sumber Daya Manusia Pengaruhnya Terhadap Kinerja dan Imbalan. Malang: Fakultas Ilmu Administrasi Brawijaya.

Undang-undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen. 2006. Bandung: Citra Umbara

Usman, M Uzer. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Uno, H.B. 2009. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Cetakan kelima. Jakarta: Bumi Aksara.

Wibowo. 2010. Manajemen Kinerja. Cetakan ketiga. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa

Wahdjosumidjo. 1994. Kepemimpinan dan Motivasi. Jakarta. Ghalia Indonesia

##submission.downloads##

Diterbitkan

2012-12-01

Cara Mengutip

Isyanto, P., & Muslihat, A. (2012). STRATEGI PENGEMBANGAN KINERJA GURU ATAS DASAR LINGKUNGAN KERJA, KOMPETENSI, PERAN KEPEMIMPINAN DAN DISIPLIN PADA YAYASAN DAARUL QUR’AN KLARI KABUPATEN KARAWANG. Majalah Ilmiah SOLUSI, 11(25). https://doi.org/10.35706/solusi.v11i25.31