ANALISIS PERSEPSI MEREK TERHADAP PERILAKU KONSUMEN PRODUK INDOSAT

Penulis

  • Budi Rismayadi
  • Puji Isyanto
  • Ai Dwi Novianti

DOI:

https://doi.org/10.35706/solusi.v9i19.20

Abstrak

Perkembangan usaha telah diwarnai dengan berbagai macam persaingan di segala bidang.Perusahaan harus dapat memenangkan persaingan tersebut dengan menampilkan produk yang terbaik dan memenuhi selera konsumen yang selalu berkembang dan berubah-ubah.
Pemberian merek merupakan masalah utama dalam strategi produk. Begitupula sebuah kartu telepon selular, jika sudah dibalut oleh merek maka anggapan konsumen terhadap produk tersebut menjadi beda, baik dari persepsi kualitas produk, harga, dan promosi yang digunakan oleh perusahaan yang memasang merek tersebut. Merek telah menjadi elemen penting terhadap kesuksesan sebuah organisasi pemasaran, baik perusahaan bisnis maupun nir laba, pemanufakturan maupun penyediaan jasa, dan organisasi lokal maupun membeli suatu produk dan yakin akan kualitasnya.
Perusahaan harus menciptakan produk yang berkualits tinggi sehingga produknya bisa bersaing dengan kompetitor lainnya. Berkaitan dengan hal itu, mengingat betapa pentingnya merek, maka perusahaan harus pandai dalam memutuskan merek seperti apa yang akan diberikan kepada suatu produk. Umumnya cara yang dilakukan perusahaan dalam memberikan nama yang akan dijadikan merek kepada suatu produk adalah dengan memilih merek yang singkat, mudah diingat, simpel, bermakna, dan memiliki ciri khas tertentu. Sehingga merek yang diberikan menjadi lekat dan sulit dilupakan oleh konsumen.Perilaku konsumen dipengaruhi olek faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis.
Kata kunci : Persaingan, Persepsi, Merek, Konsumen, Perilaku Konsumen.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ali Hasan, 2008. Marketing. Cetakan Pertama. Yogyakarta, Media Pressindo.

Anwar Prabu Mangkunegara, 2009. Perilaku Konsumen. Cetakan Keempat. Bandung, PT. Refika Aditama.

Basu Swastha dan Irawan, 2008.Manajemen Pemasaran Modern. Edisi Kedua,Cetakan Ketigabelas. Yogyakarta, Media Pressindo.

dan T. Hani Handoko, 2008. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama, Cetakan Keempat. Yogyakarta, BPFE.

Buchari Alma, 2009. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Bandung, Alfabeta.

Fandy Tjiptono, 2008. Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Yogyakarta, CV. Andi.

Gunawan Adisaputro, 2010. Manajemen Pemasaran Analisis untuk Perancangan Strategi Pemasaran. Edisi Pertama, Cetakan Pertama. Yogyakarta, Penerbit Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Hasibuan, Malayu SP, 2007. Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah. Edisi Revisi, Cetakan Keenam. Jakarta, Bumi Aksara.

Husein Umar, 2005. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta, PT Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2009.Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas, Jilid I. Jakarta, Erlangga.

dan Gary Armstrong, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Keduabelas, Jilid I. Jakarta, Erlangga.

Nugroho, J. Setiadi, 2008. Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Edisi Pertama, Cetakan Ketiga. Jakarta, Kencana.

Sugiyono, 2004.Metode Penelitian Bisnis. Bandung, CV. Alfabeta.

, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung, CV. Alfabeta.

Suharsimi Arikunto, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi, Cetakan Ketigabelas, Jakarta, Rineka Cipta

.

Supranto, J. dan H. Nandan Limakrisna, 2007.Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran Untuk Memenangkan Persaingan Bisnis. Edisi Pertama. Jakarta, Mitra Wancana Media.

Tatik Suryani, 2008. Perilaku Konsumen Implikasi pada Strategi Pemasaran. Edisi Pertama, Cetakan Pertama. Yoggyakarta, Graha Ilmu.

Ujang Sumarwan etall. 2010. Pemasaran strategik Perspektif Value Based Marketing dan Pengukuran Kinerja. Bogor, IPB Press.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2011-06-01

Cara Mengutip

Rismayadi, B., Isyanto, P., & Novianti, A. D. (2011). ANALISIS PERSEPSI MEREK TERHADAP PERILAKU KONSUMEN PRODUK INDOSAT. Majalah Ilmiah SOLUSI, 9(19). https://doi.org/10.35706/solusi.v9i19.20