PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERORIENTASI AKTIVITAS MAHAMAHASISWA (PBAM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR STATISTIKA DASAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNSIKA

Penulis

  • Ramlah Ramlah
  • Dani Firmansyah

DOI:

https://doi.org/10.35706/solusi.v1i01.35

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar statistika dasar mahasiswa melalui strategi pembelajaran berorientasi aktivitas mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNSIKA, dan untuk mengetahui aktivitas mahasiswa program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNSIKA.
Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah mahasiswa semester II kelas B yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Data penelitian diperoleh dari observasi pelaksanaan pembelajaran, soal kuis, soal tes hasil belajar dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa setelah diterapkan pembelajaran berorientasi aktivitas mahasiswa (PBAM) dapat meningkatkan hasil belajar statistika dasar mahasiswa semester II kelas B yang ditandai dengan peningkatan rata-rata nilai kuis kelas setiap pertemuan dalam tiga siklus yang semula 71,00 dengan kategori sedang pada siklus 1, 73,00 dengan kategori sedang pada siklus II, 75,75 dengan kategori baik pada siklus III. Peningkatan hasil belajar statistika dasar juga terlihat pada hasil tes yang dilaksanakan tiga kali yaitu pada pertemuan 5, 10 dan pertemuan 14 yang semula 69,40 dengan kategori cukup pada hasil tes siklus 1, menjadi 75,65 pada siklus II dengan kategori baik, dan menjadi 78,25 pada siklus III dengan kategori baik sekali.
Aktivitas mahasiswa meningkat , hal ini dapat dilihat dari hasil observasi selama kegiatan pembelajaran berlangsung, hal ini ditandai dengan mampunya mahasiswa dalam berbicara di depan teman-temannya dan aktif dalam berdiskusi, timbulnya motivasi intrinsik untuk belajar lebih lanjut, timbulnya kebiasaan mahasiswa untuk selalu mempersiapkan diri dalam kegiatan pembelajaran, timbulya kebiasaan mahasiswa untuk menerima pendapat orang lain.
Kata Kunci : Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Mahasiswa, hasil Belajar

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Djamarah, Syaiful Bahri, 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 1995. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Kasan, Tholib.2004. Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Studia Press.

Madyo, eko Susilo dan R.B. Kasihadi. 1990. Dasar-Dasar Pendidikan. Semarang : Effher Offset.

Mudjijo. 1991.Tes Hasil Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanto, Ngalim. 1991. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Purwanto, Ngalim. 1989. Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Narco.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Semiawan, Conny dkk. 1985. Pendekatan Keterampilan Proses Bagaimana Mengaktifkan MahaMahasiswa Dalam Belajar. Jakarta: PT. Gramedia.

Slameto. 1995. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudjana, Nana dan Wari Suwariyah. 1991. Model-Model Mengajar CBSA. Bandung: CV.Sinar Baru.

Sudjana, Nana. 2001. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2015-07-09

Cara Mengutip

Ramlah, R., & Firmansyah, D. (2015). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERORIENTASI AKTIVITAS MAHAMAHASISWA (PBAM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR STATISTIKA DASAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNSIKA. Majalah Ilmiah SOLUSI, 1(01). https://doi.org/10.35706/solusi.v1i01.35