MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA KULIAH STATISTIKA DASAR JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG

Penulis

  • Ramlah M Zein
  • Iyan Rosita Dewi Nur
  • Hanifah Nurus Sopiany
  • Dani Firmansyah

DOI:

https://doi.org/10.35706/solusi.v10i20.77

Abstrak

Menurut UNESCO, pendidikan pada abad ini harus di orientasikan terhadap pencapaian empat pilar pmbelajaran yaitu : (1) learning to know (belajar untuk tahu), (2) learning to do (belajar untuk melakukan), (3) learning to be (belajar untuk menjadi diri sendiri), (4) learning to live together (belajar bersama dengan orang lain). Bila seorang guru dapat membekali siswanya dan member pondasi agar emapat pilar tadi dapat berdiri kokoh, betapa bahagianya siswa yang mempunyai guru atau pendidik yang berkualitas seperti itu.
Untuk mendapatkan hasil dari proses pendidikan yang maksimal, tentunya diperlukan pemikiran yang kreatif dan inovatif serta didukung dengan factor pendanaan yang mencukupi. Inovasi pendidikan tidak hanya pada inovasi sarana dan prasarana pendidikan serta kurikulum saja melainkan juga proses pendidikan itu sendiri. Inovasi dalam proses pembelajaran sangat diperlukan guna meningkatkan prestasi kearah yang maksimal. Inovasi ini dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa pendekatan pembelajaran, strategi pembelajaran, dan metode pembelajaran. Salah inovasi pembelajaran yang harus dilakukan adalah pembelajaran matematika.
Matematika memiliki peranan dan kedudukan yang sangat penting, baik sebagai disiplin ilmu maupun sabagai factor penunjang ilmu pengetahuan lainnya. Dalam kaitannya dengan sumber daya manusia yang merupakan prioritas dan sarana utama pembangunan nasional. Pengajaran matematika memainkan peranan yang penting, terutama dalam meningkatkan mutu atau kualitas pendidikan. Peningkatan mutu pendidikan dapat dilihat dari keberhasilan pada pendidiakn formal, yang berupa hasil belajar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Kunandar, 2008, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengalaman Propesi Guru. Jakarta: Rajagrapindo Persada.

Riduwan , 2011, Dasar - Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Wiriaatmaja, Rochiati, 2007, Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosdakarya.

PMPTK ( Penjaminan Mutu Pendidikan ) Jawa Barat, 2009, Modul Pendidikan Dan Latihan Karya Tulis Ilmiah Dan Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Rayon 34 Universitas Pasundan.

Sugiono, 2011, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D Bandung: Alfabeta.

Soediarto, Nugroho, 2008, Matematika Untuk SMA Dan MA Kelas XI Program IPA. Jawa Barat: Pusat Perbukuan Pendidikan Nasional.

Murniati, Suarsini, dkk, 2009, Matematika SMA Kalas XI, Jakarta: Yudistira

##submission.downloads##

Diterbitkan

2015-07-06

Cara Mengutip

Zein, R. M., Dewi Nur, I. R., Sopiany, H. N., & Firmansyah, D. (2015). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA KULIAH STATISTIKA DASAR JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG. Majalah Ilmiah SOLUSI, 10(20). https://doi.org/10.35706/solusi.v10i20.77