Pengaruh Gaya Belajar dan Keaktifan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika ( Survey Pada SMP Negeri di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang)

Penulis

  • Ramlah Ramlah
  • Dani Firmansyah
  • Hamzah Zubair

DOI:

https://doi.org/10.35706/solusi.v1i03.59

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar Matematika. Untuk mengetahui pengaruh keaktifan siswa terhadap prestasi belajar Matematika. Dan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar dan keaktifan siswa terhadap prestasi belajar Matematika.
Metode penelitian yang digunakan adalah ekposfacto. Sampel berukuran 235 siswa yang dipilih secara random sampling dari seluruh siswa SMP N yang ada di kecamatan Klari kabupaten Karawang. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik penyebaran angket gaya belajar dan angket keaktifan siswa. Analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif, uji normalitas dan homogenitas, dan uji ANOVA . Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Juni sampai Juli 2014.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan gaya belajar terhadap prestasi belajar matematika, hal ini ditunjukan dengan nilai sig = 0,001 < 0,05. Terdapat pengaruh yang signifikan keaktifan terhadap prestasi belajar matematika, hal ini dapat dilihat dari nilai F hitung = 13,418 > F tabel = 3, 08, dengan sig= 0,00 < α = 0,05. Tidak terdapat pengaruh interaksi metode pembel;ajaran kooperatif dan gaya belajar terhadap prestasi belajar Matematika.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2015-07-09

Cara Mengutip

Ramlah, R., Firmansyah, D., & Zubair, H. (2015). Pengaruh Gaya Belajar dan Keaktifan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika ( Survey Pada SMP Negeri di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang). Majalah Ilmiah SOLUSI, 1(03). https://doi.org/10.35706/solusi.v1i03.59