PENGARUH ATRIBUT PRODUK WISATA TERHADAP PLACE BRANDING DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEPUTUSAN MENGUNJUNGI DESTINASI WISATA PANTAI (Survey Terhadap Wisatawan Nusantara di Kabupaten Karawang)

Penulis

  • Abdul Yusuf

DOI:

https://doi.org/10.35706/solusi.v1i01.41

Abstrak

Pariwisata pada saat ini juga merupakan suatu kebutuhan mutlak manusia, baik bagi masyarakat yang melakukan perjalanan wisata (wisatawan) maupun masyarakat sekitar daerah tujuan wisata.
Objek yang dijadikan responden dalam penelitian ini adalah para Wisatawan Nusantara (Wisnus) yang mengunjungi destinasi pariwisata di Kabupaten Karawang. Adapun penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif verifikatif. Karena populasi dalam penelitian ini terdiri dari 11 destinasi wisata, maka pembagian sampel untuk setiap destinasi wisata dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus alokasi proportional dan untuk menentukan sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini, digunakan teknik Probability Sampling, khususnya Cluster Sampling. Pada penelitian ini digunakan analisis jalur untuk menguji hipoteses penelitian. Analisis jalur adalah metode analisis data multivariat dependensi yang digunakan untuk menguji hipotesis hubungan asimetris yang dibangun atas dasar kajian teori tertentu
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Atribut produk wisata di Kabupaten Karawang dinilai para wisnus cukup baik. Pelaksanaan place branding yang dilakukan Pemda Kabupaten Karawang, khususnya Dinas Perhubungan, Pariwisata, dan Kebudayaan serta pihak terkait lainnya, dinilai para wisnus cukup baik. Keadaan keputusan mengunjungi destinasi pariwisata secara umum dinilai tinggi. diketahui secara simultan pengaruh atribut produk wisata dan place branding terhadap keputusan mengunjungi destinasi pariwisata adalah cukup kuat, sehingga hipotesis atribut produk wisata dan place branding berpengaruh secara simultan terhadap keputusan mengunjungi destinasi pariwisata terbukti.
Kata Kunci : Pariwisata, Atribut Produk, Place Branding, Keputusan Pembelian

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alma, Buchari. (2009). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Ardianto, Elvinaro. (2011). Handbook of Public Relations. Bandung:Simbiosa Rekatama Media.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Yogyakarta:Bina Aksara.

Avraham, Eli dan Eran Ketter. (2008). Media Strategies for Marketing Places in Crisis Improving the Image of Cities, Countries and Tourist Destinations. UK: Elsevier.

Baker, Bill (2007). Destination Branding for Small Cities the Essentials for Successful Place Branding. Oregon USA:Creative Leap Books.

Clifton, and John Simmons. (2003). Brands and Branding. London:Profile Books Ltd.

Danim, Sudarwan dan Darwis. (2003). Metode Penelitian Kebidanan Prosedur Kebijakan dan Etik.Jakarta:EGC.

Damanik, Janianton dan Helmut F. Weber. (2006). Perencanaan Ekowisata dari Teori ke Aplikasi. Yogyakarta:Andi.

Ghozali, Imam. (2007). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Go., Frank M dan Robert Govers (Eds). (2010). International Place Branding Yearbook 2010 Place Branding in the New Age of Innovation New York: Palgrave Macmillan.

Goeldner, Charles R dan JR Brent Ritchie. (2009). Ed.9. Tourism:Principles, Practises, Philosophies. New Jersey:John Wiley & Sons.

Govers, Robert dan Frank Go. (2009). Place Branding Glocal, Virtual, and Physical Identities, Constructed, Imagined, and Experienced. England: Palgrave Macmillan.

Harrison, Shirley. (2005). Marketers Guide to Public Relation. New York:John Willy and Son.

Haryadi, Adi. (2007). Kiat Membuat Promosi Penjualan. Jakarta:Elex Media Komputindo.

Hermawan, Asep. (2006). Penelitian Bisnis Paradigma Kuantitatif. Jakarta:Grasindo.

Ismayanti. (2009). Pengantar Pariwisata. Jakarta:Grasindo.

Istijanto. (2007). Aplikasi Praktis Riset Pemasaran. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.

Kavaratzis, Mihalis dan Gregory Ashworth. (2010). Towards Effective Place Brand Management Branding European Cities and Regions. UK: Edward Elgar Publishing Limited.

Kartajaya, Hermawan dan Yuswohady. (2005). Attracting Tourists Traders Investors Strategi Memasarkan Daerah di Era Otonomi. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Philip. (2006). Marketing Management (Twelfth Edition). USA:Prentice Hall, Inc.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran (Edisi 13. Jilid 1). Jakarta:Erlangga.

Kusnendi. (2008). Model-model Persamaan Struktural. Bandung:Alfabeta.

Lovelock, Christopher dan Wright Lauren. (2005). Principles of Service Marketing and Management. New York:McGraw-Hill.

Middleton, Victor TC dan Jackie R. Clarke. (2001). Third Edition. Marketing in Travel and Tourism. Oxford:Butterworth-Heinemann.

Muljadi, A.J. (2009). Kepariwisataan dan Perjalanan. Jakarta:Rajagrafindo Persada.

Narimawati, Umi. (2007). Structural Equation Model (SEM) Menggunakan LISREL. Yogyakarta:Gava Media.

Nova, Firsan. (2011). Crisis Public Relations, Strategi PR Menghadapi Krisis, Mengelola Isu, Membangun Citra dan Reputasi Perusahaan. Jakarta:Rajagrafindo Persada.

Pike, Steven. (2008). Destination Marketing An Integrated Marketing Communication Approach. UK:Elsevier.

Pitana, I Gde dan Diarta I Ketut Surya. (2009). Pengantar Ilmu Pariwisata. Yogyakarta:Andi.

Reid, Robert D and David C Bojanic. (2006). Hospitality Marketing Management. Canada:John Wiley & Sons.

Riduwan. (2003). Dasar-dasar Statistika. Bandung:Alfabeta.

Riduwan dan Engkos Achmad Kuncoro. (2011). Cara Menggunakan dan Mamaknai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung:Alfabeta.

Riduwan dan Sunarto. (2009). Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung:Alfabeta.

Simamora, Bilson. (2008). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Bandung:Alfabeta.

Susanto, AB dan Himawan Wijanarko. (2004). Power Branding Membangun Merek Unggul dan Organisasi Pendukungnya. Jakarta:Mizan.

Sutojo, Siswanto. (2004). Membangun Citra Perusahaan. Jakarta:Damar Mulia Pustaka.

Tarigan, Joshua. (2010). Values Driven Accounting. Jakarta:Gramedia.

Tjiptono, Fandy. (2008). Pemasaran Strategik. Yogyakarta:Andi.

Tim Penelusuran Sejarah Purwakarta. Edtor: A. Sobana Hardjasaputra. (2008). Sejarah Purwakarta. Badan Pariwisata Pemerintah Kabupaten Purwakarta. Bandung:Kiblat Buku Utama.

Universitas Pendidikan Indonesia. (2011). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah.

Umar, Husein. (2006). Metode Riset Ilmu Administrasi. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.

Vellas, Francois dan Lionel Becherel. (2008). Pemasaran Pariwisata Internasional. Jakarta:Yayasan Obor Indonesia.

Yuty, Oka A. (2008). Ekonomi Pariwisata Introduksi, Informasi, dan Implementasi. Jakarta:Kompas.

Jurnal:

Aksoy, Ramazan dan Sule Kiyci. (2011). A Destination Image As a Type of Image and Measuring Destination Image in Tourism (Amasra Case). European Journal of Social Sciences – Volume 20, Number 3 (2011).

Cecilia, Stanciulescu Gabriela. City Image As Tourism Destination. Academy of Economic Studies, Faculty of Commerce, Department of Tourism-Services. p. 1218-1222.

Dumbraveanu, Daniela. (2010). Place Branding: a Challenging Process for Bucharest the Capital City of Romania. Journal of Studies and Research in Human Geography. 4.2, 53-62.

Hankinson, Graham. (2009). Managing Destination Brands: Establishing a Theoretical Foundation. Journal of Marketing Management Vol. 25 No 1-2, pp. 97-115. ISSN0267-257X print /ISSN1472-1376 online © Westburn Publishers Ltd.

Johansson, Ola dan Michael Cornebise. (2010). Place Branding Goes to the Neighbourhood: the Case of Pseudo-Swedish Andersonville. Journal Geografiska Annaler: Series B Swedish Society for Anthropology and Geography.

Kastenholz, Elisabeth. (2010). Cultural Proximity as a Determinant of Destination Image. Journal of Vacation Marketing 16 (4) 313-322.

Maheshwari, Vishwas. (2011). Place Branding’s Role in Sustainable Development. Journal of Place Management and Development, Vol 4, No 2, 2011.

Park, Yumi dan David Njite. (2010). Relationship between Destination Image and Tourist’ Future Behavior:Observations from Jeju Island, Korea. Asia Pacific Journal of Tourism Research, Vol 15, No 1, March 2010.

Zenker, Sebastian. (2011). How to Catch the City? The Concept and Measurement of Place Brands. Journal of Place Management and Development, Vol 4, No 1, 2011.

Skripsi:

Suryantika, Yuni. 2009. Pengaruh Place Branding terhadap Keputusan Mengunjungi Mal Paris Van Java sebagai Salah Satu Resort Lifestyle Place (Survei pada Pengunjung PVJ Resort Lifestyle Place Kota Bandung. Skripsi pada FPIPS UPI Bandung:tidak diterbitkan.

Octaviany, Vany. 2010. Pengembangan Citra Jakarta sebagai “Destinasi Pariwisata†melalui Destination Branding “Enjoy Jakarta†(Survei terhadap Wisatawan Nusantara yang Berkunjung ke TMII, Monas, dan Kepulauan Seribu). Skripsi pada FPIPS UPI Bandung:tidak diterbitkan.

Mustikawati, Fitria. 2011. Pelaksanaan Program Sponsorship dalam Meningkatkan Keputusan Berkunjung di Grama Tirta Jatiluhur (Survei pada Wisatawan Grama Tirta Jatiluhur). Skripsi pada FPIPS UPI Bandung:tidak diterbitkan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2015-07-09

Cara Mengutip

Yusuf, A. (2015). PENGARUH ATRIBUT PRODUK WISATA TERHADAP PLACE BRANDING DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEPUTUSAN MENGUNJUNGI DESTINASI WISATA PANTAI (Survey Terhadap Wisatawan Nusantara di Kabupaten Karawang). Majalah Ilmiah SOLUSI, 1(01). https://doi.org/10.35706/solusi.v1i01.41

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama