Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi SPLDV Ditinjau dari Indikator Kemampuan Matematis

Ferry Ferdianto, Leonardus Yesino

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi SPLDV yang ditinjau dari indikator kemampuan matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kadugede Tahun Pelajaran 2017/2018. Pemilihan sampel dengan cara quota sampling, diperoleh siswa kelas XI sebanyak 36 orang. Pengambilan data diperoleh dengan  menggunakan metode tes untuk menentukan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang kemudian dianalisis dengan uji perbedaan rata-rata. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Kesalahan dalam memahami masalah sebesar 43,1%; 2) Kesalahan dalam merencanakan penyelesaian dan menyelesaikan masalah sesuai rencana sebesar 53,3%; 3) Kesalahan dalam menyelesaikan masalah sesuai rencana sebesar 39,8%; 4) Kesalahan dalam membuat model matematika, menyelesaikan dan melakukan pengecekan jawaban sebesar 61,1%.


DOI: https://doi.org/10.31235/osf.io/kmwg6


Keywords


Analisis; indikator; kemampuan; kesalahan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Syafi’i, A.M. (1991). Pendidikan Islam di Indonesia antara Cita dan Fakta. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Driyarkara. (1980). Driyarkara Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.

Ferdianto., F. (2015). Media Audio Visual pada Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas IX. Jurnal Euclid, 2(2), 251-365.

Kasiram. (2008). Metodologi Penelitian. Malang: UIN-Malang Pers.

Purwosusilo. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMK melalui Strategi Pembelajaran REACT. Jurnal Pendidikan Keguruan, 1(2).

Saifiyah. (2017). Desain Modul Pembelajaran Berbasis Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika. 2(2), 177-192.

Soejadi. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suriasumantri, J.S. (2005). Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Wahyuni. (2013). Penerapan Model Learning Cycle 7E untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Skripsi pada UPI Bandung: Tidak Diterbitkan.




DOI: http://dx.doi.org/10.31235//osf.io/kmwg6

Article Metrics

Abstract view : 70 times
PDF (Indonesian) - 95 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.