Pengintegrasian TPACK dalam Pembelajaran Transformasi Geometri SMA untuk Mengembangkan Profesionalitas Guru Matematika

Authors

  • Ibnu Rafi Department of Mathematics Education, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Nurrita Sabrina Department of Mathematics Education, Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v3i1.1430

Abstract

Artikel ini membahas mengenai cara pengintegrasian kerangka Technological,  Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) dalam pembelajaran transformasi geometri SMA untuk mengembangkan profesionalitas guru matematika. Artikel ini merupakan hasil kajian pustaka dengan sumber kajian berupa artikel jurnal, undang-undang dan laman web yang bertemakan TPACK, Uji Kompetensi Guru (UKG), profesionalitas guru, dan penggunaan GeoGebra dalam pembelajaran. Penulisan artikel ini dilatarbelakangi oleh capaian rata-rata Uji Kompetensi Guru (UKG) pada bidang studi matematika yang mengindikasikan perlu adanya pengembangan profesionalitas guru matematika, terutama pada kompetensi pedagogik dan profesional. Salah satu kerangka yang memfasilitasi pengembangan dua kompetensi tersebut adalah Technological, Pedagogical and Content Knowledge (TPACK). Melalui TPACK, guru matematika diharapkan dapat mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran pada materi matematika yang bersifat abstrak, seperti transformasi geometri. Berdasarkan hasil kajian, pengintegrasian TPACK dapat mengembangkan profesionalitas guru matematika melalui kegiatan workshop penggunaan GeoGebra dalam pembelajaran transformasi geometri SMA.

 

DOI: https://doi.org/10.31235/osf.io/v2ygb

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariani, D. N. (2015). Penelitian hubungan antara technological pedagogical content knowledge dengan technology integration self efficacy guru matematika di sekolah dasar. MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 79–91.

Bhagat, K. K., & Chang, C. (2015). Incorporating GeoGebra into Geometry learning-A lesson from India. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 11(1), 77–86.

Bhagat, K. K., Chang, C., & Huang, R. (2017). Integrating GeoGebra with TPACK in improving Pre-service Mathematics Teachers’ Professional Development. In IEEE 17th International Conference on Advanced Learning Technologies Integrating (pp. 313–314).

Doering, A., Veletsianos, G., Scharber, C., & Miller, C. (2009). Using the Technological, Pedagogical, and Content Knowledge Framework to Design Online Learning Environments and Professional Development. Journal of Educational Computing Research, 41(3), 319–346.

Guerrero, S. (2010). Technological Pedagogical Content Knowledge in the Mathematics Classroom. Journal of Digital Learning in Teacher Education, 26(4), 132–139.

Hohenwarter, M., & Fuchs, K. (2004). Combination of dynamic geometry, algebra and calculus in the software system GeoGebra. Retrieved from https://archive.geogebra.org/static/publications/pecs_2004.pdf

Koehler, M. J., Mishra, P., & Cain, W. (2013). What Is Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)? Journal of Education, 193(3), 13–19.

Listiawan, T., & Baskoro, W. W. (2015). Analisis Technological Content Knowledge (TCK) Calon Guru Matematika Dalam Menggunakan Perangkat Lunak Geometri Dinamis, 827–834.

Marsigit. (2008). Pengembangan Kompetensi Guru Matematika melalui Model-model Pembelajaran, Lesson Study dan PTK melalui Peningkatan Peran MGMP. Retrieved February 24, 2018, from http://staff.uny.ac.id/system/files/pengabdian/marsigit-dr-ma/pengambangan-kompetensi-guru-matematika-melalui-model-model-pembelajaranlessonstudy-dan-ptk-melalui-.pdf

Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017–1054.

Mishra, P., & Koehler, M. J. (2008). Introducing Technological Pedagogical Content Knowledge. Paper Presented at the Annual Meeting of the American Educational Research Association, 1–16.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: The National Council of Teacher of Mathematics, Inc. Retrieved from http://webapp1.dlib.indiana.edu/virtual_disk_library/index.cgi/4273355/FID3542/DOCS/ENC2280/28023310.HTM

Paradesa, R. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Transformasi Berbasis Visual. Jurnal Pendidikan Matematika JPM RAFA, 2(1), 56–84.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2012 tentang Uji Kompetensi Guru.

Purnama, E. (2015). Ada apa dengan Diklat Pasca UKG? Retrieved from https://www.kompasiana.com/eddiepurnama/ada-apa-dengan-diklat-pasca-ukg_556c228d307a6137058b4568

Ridla, M. (2008). Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Proses Pembelajaran. Tadris, 3(1), 30–44.

Schmidt, D. A., Baran, E., Thompson, A. D., Mishra, P., Koehler, M. J., & Shin, T. S. (2009). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): The Development and Validation of an Assessment Instrument for Preservice Teachers. Journal of Research on Technology in Education, 42(2), 123–149.

Seloraji, P., & Eu, L. K. (2017). Students’ Performance in Geometrical Reflection Using GeoGebra. Malaysian Online Journal of Educational Technology, 5(1), 65–77.

Sururi. (2002). Pengembangan Visi Sekolah: Meningkatkan Profesionalisasi Guru dan Kepala Sekolah. Makalah Disampaikan Pada Kegiatan P2M Tanggal 19 Oktober 2002. Retrieved from http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._ADMINISTRASI_PENDIDIKAN/197011091998021-SURURI/mklh_abmas_PROFSIONALISASI_TENAGA_KEPENDIDIKAN.pdf

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Published

2019-01-01

How to Cite

Rafi, I., & Sabrina, N. (2019). Pengintegrasian TPACK dalam Pembelajaran Transformasi Geometri SMA untuk Mengembangkan Profesionalitas Guru Matematika. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 3(1), 47–56. https://doi.org/10.35706/sjme.v3i1.1430