Pengembangan Bahan Ajar Materi Pythagoras yang Berorientasi pada Kompetensi Abad 21 untuk Guru SMP

Authors

  • Ida Maryamah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Nurul Anriani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Maman Fathurrohman Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v3i1.1490
Abstract views: 259

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa buku ajar matematika yang berorientasi pada kompetensi abad 21 pada materi Pythagoras kelas VIII semester genap yang valid. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang melipiuti tujuh langkah pokok, yaitu: analisis kebutuhan, kemampuan peneliti sebagai pengembang, produk yang dikembangkan, konsep produk, pengembangan produk, uji ahli, dan uji coba lapangan. Hasil penelitian berupa buku ajar matematika yang berorientasi pada kompetensi abad 21 pada materi Pythagoras kelas VIII yang valid. Kevalidan buku ajar diperoleh berdasarkan data dari angket penilaian para ahli, yaitu ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media. Penilaian ahli materi mencapai kategori baik, ahli bahasa mencapai kategori sangat baik, dan ahli media mencapai kategori sangat baik. Sedangkan keterbacaan dan kepraktisan buku ajar diperoleh dari data angket penilaian guru matematika yang hasilnya mencapai kategori sangat baik.  Jadi dapat disimpulkan bahwa buku ajar matematika yang berorientasi pada kompetensi abad 21 pada materi Pythagoras layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran matematika.

 

DOI: https://doi.org/10.31235/osf.io/9z27d

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ida Maryamah, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Magister Pendidikan Matematika

Nurul Anriani, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Magister Pendidikan Matematika

Maman Fathurrohman, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Magister Pendidikan Matematika

References

Chotijah, H. Y., & Suparman. (2017). Analisis Kebutuhan Pengembangan Buku Panduan Guru Implrmrntasi Lesson Study pada Pembelajaran Matematika Sedolah Dasar. In The 5th Urecol Procedding (pp. 920–925). Yogyakarta: UAD.

Fathurrohman, M. (2014). Metode Penelitian Pengembangan. Serang: Untirta Press.

Gall, M. D., & Borg, W. R. (2003). Educational Research an Introduction (7th ed.). Boston: Allyn & Bacon.

Khikmiyah, F., & Midjan. (2016). Pengembangan Buku Ajar Literasi Matematika untuk Pembelajaran di SMP. Jurnal Silogisme, 1(2), 15–26.

Mendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah, Pub. L. No. 21 Tahun 2016, 1.

Indonesia.

Mendikbud. (2017). Model Silabus Mata Pelajaran SMP/ MTs. Jakarta.

Mendiknas. (2001). Petunjuk Teknis Pelaksanaan Penilaian Angka Kredit Jabatan Dosen, Pub. L. No. 36, 27. Indonesia.

Nurmita, F. (2017). Pengembangan Bahan Ajar SIswa dan Buku Guru Berbasis Matematika Realistik untuk Meningkatkan Pengetahuan, Sikap, dan Keterampilan Matematika Siswa Kelas VII SMP Al Karim Kota Bengkulu. EduMat: Jurnal

Pendidikan Matematika, 5(1), 86–98.

Puslitjaknov. (2008). Metode Penelitian Pengembangan. Jakarta: Tim Puslitjaknov.

Riduwan. (2003). Dasar-dasar Statistika. (P. D. Iswara, Ed.) (3rd ed.). Bandung:ALFABETA.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (26th ed.). Bandung: Alfabeta.

Sungkono. (2009). Pengembangan dan Pemanfaatan Bahan Ajar Modul dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Majalah Ilmiah Pembelajaran, 1(1), 1–13.

Susanto, H. (2013). Teknik Penyusunan Buku Ajar. In Penyusunan Buku Ajar (p. 16). Semarang: Universitas Muhamadiyah.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Learning Skills. San Francisco: Jossey-Bass.

Published

2019-01-01