Penerapan Bahan Ajar Trigamaster Untuk Menghindari Mind In Chaos Siswa Pada Pokok Bahasan Trigonometri

Authors

  • Nenden Suciyati Sartika Universitas Mathlalul Anwar Banten

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v3i2.1710

Abstract

Peneliti menerapkan materi Trigonometri yang dikembangkan melalui bahan ajar Trigamaster. Penerapan bahan ajar Trigamaster pada trigonometri dimaksudkan untuk menghindari terjadinya mind in chaos siswa dalam pembelajaran matematika. Mind in chaos pada siswa terhadap pelajaran matematika merupakan suatu kesan negatif yang jika dibiarkan terjadi sejak mereka masih kecil, yang pada akhirnya hingga dewasa kesan negatif tersebut, yang menyatakan bahwa matematika itu sulit dan menakutkan tetap menetap pada siswa. Hasil penelitian adalah penerapan bahan ajar Trigamaster untuk menghindari Mind In Chaos siswa sehingga memberikan pengalaman dan kesan positif siswa terhadap matematika khususnya pada pokok bahasan Trigonometri pembelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nenden Suciyati Sartika, Universitas Mathlalul Anwar Banten

mathematic education

References

Buxton. 1984. Learning in Mathematics. UK: University Press Gatot Muhsetyo.

Soenarto. (2003). Metodologi Penelitian Pengembangan untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Dit PPTK dan KPT, Dikti, Depdiknas.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Jakarta: Alfabeta Tim MKPBM. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-Universitas Pendidikan Indonesia.

Fathurrohman, dkk. 2009. Pengembangan Board Game Matematika Di Sd Negeri Wadasari, Kabupaten Serang. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 16 Mei 2009.

Liberna, H dan Yogi. 2013. Metode Pembelajaran Matematika. Jakarta. Mitra abadi dan Unindra Press.

Muchlis, dkk. (2015). Penerapan pembelajaran trigonometri yang berbatukan Macromedia Flash 8 untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa program studi pendidikan matematika FKIP Universitas Bengkulu. Bengkulu.

Mulyadi (2006). Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan Belajar Terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Yogyakarta: Nuha Litera.

Published

2019-07-16

How to Cite

Sartika, N. S. (2019). Penerapan Bahan Ajar Trigamaster Untuk Menghindari Mind In Chaos Siswa Pada Pokok Bahasan Trigonometri. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 3(2), 78–84. https://doi.org/10.35706/sjme.v3i2.1710

Issue

Section

Article