Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline: Pengembangan Perangkat Pembelajaran Flipped classroom Bercirikan Mini-project

Authors

  • Rizky Yahya Universitas Muhammadiyah Malang
  • Siti Khoiruli Ummah Universitas Muhammadiyah Malang
  • Moh Mahfud Effendi Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.3136

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah RPP dan Bahan Ajar. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Matematika angkatan 2018 yang sedang menempuh mata kuliah Sumber Belajar dan Media Pembelajaran dan mengikuti praktikum pembuatan media pembelajaran interaktif di Laboratorium Komputer Infokom. Penelitian ini mengguankan metode penelitian 4-D yang dipersingkat menjadi 3-D. Hasil validasi RPP dan Bahan Ajar adalah 89,37%, hasil validasi dari angket respon siswa adalah 89,6%. Hal ini menyatakan bahwa perangkat pembelajaran dan angket respon valid. Hasil perhitungan angket respon siswa menunjukkan tiap poin pernyataan lebih besar atau sama dengan 70 sehingga dapat dikatakan praktis. Hasil tes menyatakan bahwa sebanyak 86% mahasiswa mendapatkan nilai sebesar lebih dari atau sama dengan 75 sehingga pembelajaran dapat dikatakan efektif. Perangkat pembelajaran tersebut dapat dikatakan valid, praktis dan efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rizky Yahya, Universitas Muhammadiyah Malang

Program Studi Pendidikan Matematika

Siti Khoiruli Ummah, Universitas Muhammadiyah Malang

Program Studi Pendidikan Matematika

Moh Mahfud Effendi, Universitas Muhammadiyah Malang

Program Studi Pendidikan Matematika

References

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rinneka Cipta.

Carroll, A. J., Tchangalova, N., & Harrington, E. G. (2016). Flipping one-shot library instruction: Using Canvas and Pecha Kucha for peer teaching. Journal of the Medical Library Association, 104(2), 125–130. https://doi.org/10.3163/1536-5050.104.2.006

Dewi, F. (2015). Projek buku digital. Proyek Buku Digital: Upaya Peningkatan Keterampilan Abad 21 Calon Guru Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek, 9(2), 1–15. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/MetodikDidaktik/article/view/3248/2262

Ghozali, F. A., & Rusimamto, P. W. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Studio ’ 13 Kompetensi Dasar Arsitektur Dan Prinsip Kerja Fungsi Setiap Blok Plc Di SMK Negeri 1 Sampang. Jurnal Pendidikan Elektro, 05(01), 223–228.

Irwandani, I., Latifah, S., Asyhari, A., Muzannur, M., & Widayanti, W. (2017). Modul Digital Interaktif Berbasis Articulate Studio’13: Pengembangan pada Materi Gerak Melingkar Kelas X. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 221. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1862

Jahoda, M., & Oppenheim, A. N. (1967). Questionnaire Design and Attitude Measurement. The British Journal of Sociology. https://doi.org/10.2307/588614

Kemenristekdikti, D. P. (2019). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0. 1–103.

Lin, Y. W., Tseng, C. L., & Chiang, P. J. (2017). The effect of blended learning in mathematics course. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00641a

Lopes, A. P., & Soares, F. (2018). Flipping A Mathematics Course, A Blended Learning Approach. INTED2018 Proceedings. https://doi.org/10.21125/inted.2018.0749

McMillan, J. H. (2008). Educational Research: Fundamentals for The Consumer, 5th Edition. USA: Person Education, Inc.

Mimoza Petrova, Vanco Cabukovski, R. G. (2016). Supporting Education In Math Sciences With A Low-Budget Lms Sakai. ??????????? ??????, 40(2), 95–108.

Muhson, A. (2010a). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949

Muhson, A. (2010b). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949

Nurmilawati, M., & Rahmawati, I. (2018). Keterampilan mengidentifikasi pada matakuliah morfologi tumbuhan berbasis mini project. Seminar Nasional SIMBIOSIS III, 64–69. Madiun.

Permana, M. S., Johar, D., & Bunyamin. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Ilmu Penetauan Alam(IPA) Berbasis Multimedia. Jurnal Algoritma 11.1, 11(1), 1–10.

Pratama, R. A. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 Pada Materi Menggambar Grafik Fungsi Di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan Learning Media Based On Articulate Storyline 2 On Drawing Function Graphs Lesson In SMP Patra Dharma 2 Balikpapan. 7(1), 19–35.

Purnama, S., & Asto B, I. (2014a). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Software Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Kelas X Tei 1 Di Smk Negeri 2 Probolinggo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2).

Purnama, S., & Asto B, I. (2014b). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Software Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Kelas X Tei 1 Di Smk Negeri 2 Probolinggo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2), 275–279.

Purnomo, E. A., & Rohman, A. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Project Based Learning ( PBL ) Berbasis Maple Matakuliah Kalkulus Lanjut II The 2nd University Research Coloquium 2015 ISSN 2407-9189. The 2nd University Research Coloqium 2015, 164–172.

Sanjaya. (2012). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Grup.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyitno, I. (2007). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) berdasarkan Hasil Analisis Kebutuhan Belajar. Wacana, Journal of the Humanities of Indonesia, 9(1), 62–78. https://doi.org/10.17510/wjhi.v9i1.223

Tesi Muskania, R., & Wilujeng, I. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Project-Based Learning Untuk Membekali Foundational Knowledge Dan Meningkatkanscientificliteracy. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), 34–43. https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.8830

Titu, A. M. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kreatifitas Siswa pada Materi Konsep Masalah Ekonomi. Prosiding Seminar Nasional, 176–186.

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Ummah, S. K., Inam, A., & Azmi, R. D. (2019). Creating manipulatives: Improving students’ creativity through Project-Based Learning. Journal on Mathematics Education, 10(1), 93–102. https://doi.org/10.22342/jme.10.1.5093.93-102

Wasserman, N. H., Quint, C., Norris, S. A., & Carr, T. (2017). Exploring Flipped classroom Instruction in Calculus III. International Journal of Science and Mathematics Education. https://doi.org/10.1007/s10763-015-9704-8

Yumini, S., & Rakhmawati, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Diklat Teknik Elektronika Dasar Di Smk Negeri 1 Jetis Mojokerto Siti Yumini Lusia Rakhmawati. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3), 845–849.

Published

2020-01-24

How to Cite

Yahya, R., Ummah, S. K., & Effendi, M. M. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline: Pengembangan Perangkat Pembelajaran Flipped classroom Bercirikan Mini-project. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 78–91. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.3136