Resiliensi dan Kemampuan Koneksi Matematik dengan Pembelajaran Berbasis Vark dalam Menyelesaikan Soal pada Mata Kuliah Analisis Vektor

Authors

  • Elsa Komala Universitas Suryakancana
  • Erma Monariska Universitas Suryakancana

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.3149

Abstract

Artikel ini menyajikan tentang hasil penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, yang dilakukan terhadap mahasiswa semester VI kelas B tahun akademik 2017/2018 pada mata kuliah Analisis Vektor. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan resiliensi dan kemampuan koneksi matematik dalam menyelesaikan soal pada mata kuliah Analisis Vektor. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan koneksi matematik berupa Soal UAS dan angket resiliensi. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa: (1) Resiliensi matematik mahasiswa yang menggunakan pembelajaran berbasis VARK pada mata kuliah Analisis Vektor hampir seluruhnya memberikan respon positif; (2) Kemampuan koneksi matematik dalam menyelesaikan soal pada mata kuliah Analisis Vektor menggunakan pembelajaran berbasis VARK  rata-ratanya adalah  75.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Erma Monariska, Universitas Suryakancana

pendidikan matematika

References

Johnston-Wilder & Lee. (2010a). Mathematical Resilience. Matematics Teaching, 218, 38-41.

Huda, Miftahul. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Johnston-Wilder, S.; Lee, C.; Garton, E. and Brindley, J. (2014). Developing coaches for mathematical resilience: level 2. In: ICERI2014 Proceedings, IATED Academy, pp. 4457–4465.

Haylock, Derek. (1997). Recognising Mathematical Creativity in Schoolchildren. [Online]: http://www.fiz.karlsruhe.de/fiz/publication/zdm. ZDM Volume 29, No 3, 1615-679x.

Miles, Mattew dan A. Micheal Huberman. (2007). Analisis Data Kualitatif, Buku sumber tentang metode-metode baru. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Sugiman. (2008). Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Phytagoras, Vol. 4, No. 1.

Downloads

Published

2020-01-24

How to Cite

Komala, E., & Monariska, E. (2020). Resiliensi dan Kemampuan Koneksi Matematik dengan Pembelajaran Berbasis Vark dalam Menyelesaikan Soal pada Mata Kuliah Analisis Vektor. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 101–107. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.3149