Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Macromedia Flash

Authors

  • Fitriana Yolanda Universitas Islam Riau
  • Putri Wahyuni Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v4i2.3612
Abstract views: 39

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan bahan ajar
berbantuan macromedia flash yang praktis pada mata kuliah analisis
data statistika berbasis IT. Pengembangan bahan ajar berbantuan
macromedia flash pada penelitian ini menggunakan model
pengembangan 4-D yang dimodifikasi menjadi lebih sederhana yaitu
terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap pendefinisian, tahap
perencanaan dan tahap pengembangan untuk tahap penyebaran tidak
dilakukan di dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan pada
mahasiswa semester enam Pendidikan Matematika Universitas Islam
Riau Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian dilakukan pada mata kuliah
analisis data statistika berbasis IT. Instrumen Pengumpulan data pada
penelitian ini adalah mengunakan lembar angket respon mahasiswa
terhadap bahan ajar berbantuan macromedia flash pada maat kuliah
analisis data statistik berbasis IT. Teknik analisis data yang
dipergunakan di dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif yang
mendeskripsikan kepraktisan perangkat pembelajaran matematika.
Data yang dikumpulkan dari penelitian ini adalah hasil respon
mahasiswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan oleh peneliti Hasil
penelitian dari lembar penilaian angket respon mahasiswa diperoleh
nilai rata-rata total kepraktisan bahan ajar berbantuan macromedia
flash sebesar 93,557% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan
analisis data di atas maka kesimpulan penelitian pengembangan ini
telah menghasilkan bahan ajar berbantuan macromedia flash pada
mata kuliah analisis data statistik berbasis IT yang praktis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asrawati, N., & Mulyati. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Journal on Pedagogical Mathematics, 1(1), 26–34.

Fahmi, S., & Marsigit. (2014). Pengembangan Multimedia Macromedia Flash dengan Pendekatan Kontekstual dan Keefektifannya terhadap Sikap Siswa pada Matematika. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 90–98.

Maharani, A. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Macromedia Flash Materi Operasi Bilangan Real SMK Teknologi 7 Rekayasa. Jurnal Teori Dan Riset Matematika (TEOREMA), 2(1).

Mardapi. (2008). Teknik Penyususnan Instrumen dan Notes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press.

Masykur, R., & dkk. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar:Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177–186.

Putra, N. (2012). Research & Development Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Gafindo Persada.

Putri, Z, S., & Rakhmawati, F. (2018). Pengaruh Multimedia Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Pada Materi Pokok Persegi Panjang dan Persegi Kelas VII di MTs Al-Ulum Medan T.P 2016/2017. AXIOM, VII(1).

Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rokhmawati, A., & dkk. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Rainbow Book Pada Materi Bangun Datar Kelas IV. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 3(2), 85–94.

Setiani, A., & dkk. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Kompilasi Berupa Modul Pada Mata Kuliah Aljabar Matriks Di Universitas Muhammadiyah Sukabumi. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(1), 26–31.

Setyawan, A., & Wahyuni, P. (2019). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Multimedia Pada Mata Kuliah Statistika Pendidikan. JPPM, 12(1).

Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Peranadamedia Group.

Sudjana, & Rivai. (2011). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sulistyani, & Retnawati. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bangun Ruang di SMP dengan Pendekatan Problem-Based Learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2).

Yahya, R., & dkk. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Flipped Classroom Bercirikan Mini-Project. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 78–91.

Published

2020-07-29