Implementasi Pembelajaran Berbasis Multimedia Terhadap Kemampuan Representasi Matematika

Authors

  • Evan Farhan STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Uba Umbara Pendidikan Matematika, STKIP Muhammadiyah Kunigan

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.3949

Abstract

Multimedia memberikan sarana yang tepat bagi siswa untuk dapat mengungkapkan ide matematika dalam bentuk grafik, tabel, gambar dengan menggunakan animasi yang menarik dan interaktif. Kemampuan mengekspresikan ide matematika merupakan salah satu indikator representasi. Dengan demikian, pemanfaatan multimedia siswa untuk mendapatkan kemampuan representasi matematis. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan rata-rata kemampuan representasi siswa setelah pembelajaran diterapkan dengan menggunakan multimedia. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN 3 Kuningan, sampel diambil berdasarkan teknik purposive kemudian dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelas eksperimen 37 siswa dan kelas kontrol sebanyak 35 siswa. Pengolahan data berupa posttest kelompok eksperimen dan kontrol dengan menggunakan uji independent sample t-test. hasil sig.2 tailed diperoleh 0,00 <α dengan α = 0,05. Dengan demikian kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan rata-rata kemampuan siswa yang menggunakan multimedia dalam pembelajaran matematika dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arnidha, Y. (2016). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share. JURNAL E-DuMath, 2(1).

Bahtiar, M. A., & Puadi, E. F. W. (2018). Book of mathematic education (bom-e): perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 4(2), 1–9.

Casnan, C., Mahpudin, A., & Fuadi, E. F. W. (2017). PERANCANGAN PERMAINAN INTERAKTIF “GEOCACHING” SEBAGAI INOVASI BARU PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Edusentris, 4(2), 99–105.

Hendriana, H. (2014). Membangun kepercayaan diri siswa melalui pembelajaran matematika humanis. Jurnal Pengajaran MIPA, 19(1), 52–60.

Luitel, B. C. (2002). Representation of Mathematics Learning: A Short Discourse. Annual Meeting of Western Australia Science Education Association, Canning College, Perth.

Muhamad, N. (2017). Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan UNIGA, 10(1), 9–22.

NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics (Vol. 1). National Council of Teachers of.

Pape, S. J., & Tchoshanov, M. A. (2001). The role of representation (s) in developing mathematical understanding. Theory into Practice, 40(2), 118–127.

Rosyid, A., & Umbara, U. (2019). Analysis of students’ attitudes towards implementation of geogebra-assisted missouri mathematics project. Journal of Physics: Conference Series, 1265, 12009. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1265/1/012009

Ruseffendi, E. T. (2005). Dasar-dasar penelitian pendidikan dan bidang non-eksakta lainnya. In Bandung: Tarsito.

Rusmana, I. M. (2015). Efektivitas Penggunaan Media ICT Dalam Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3).

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika UIN Antasari, 1(2), 33–44.

Safitri, M., Hartono, Y., & Somakim, S. (2017). Pengembangan media pembelajaran matematika pokok bahasan segitiga menggunakan macromedia flash untuk siswa kelas vii smp. Jurnal Pendidikan, 14(2), 62–72.

Saputra, W., & Purnama, B. E. (2015). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif untuk mata kuliah organisasi komputer. Speed-Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 4(2).

Sari, P. C., Eriani, N. D., Audina, T., & Setiawan, W. (2019). Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Geogebra Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP. Journal on Education, 1(3), 411–416.

Setiawan, A. (2007). Dasar-dasar Multimedia Interaktif (MMI). Bandung: SPs UPI Banding.

Sulastri, S., Marwan, M., & Duskri, M. (2017). Kemampuan representasi matematis siswa SMP melalui pendekatan pendidikan matematika realistik. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 51–69.

Suparno, P. (2001). Teori perkembangan kognitif jean piaget. Kanisius.

Umbara, U. (2015). Efektivitas pembelajaran realistic mathematic education (RME) terhadap kemampuan representasi matematis siswa. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 1(1), 1--No.

Umbara, U., & Nuraeni, Z. (2019). IMPLEMENTATION OF REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BASED ON ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS6 TO IMPROVE MATHEMATICAL LITERACY. Infinity Journal, 8(2).

Umbara, U., & Suryadi, D. (2019). Re-Interpretation of Mathematical Literacy Based on the Teacher’s Perspective. International Journal of Instruction, 12(4).

Yuwono, M. R. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII SMP Dalam Menyelesaikan Soal Materi Segitiga dan Alternatif Pemecahannya. Magistra, 28(95).

Published

2021-01-29

How to Cite

Farhan, E., & Umbara, U. (2021). Implementasi Pembelajaran Berbasis Multimedia Terhadap Kemampuan Representasi Matematika. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1). https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.3949