Analisis Kemampuan Penalaran dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika Ditinjau Dari Asal Sekolah

Authors

  • Suharti UIN Alauddin
  • Sri Sulasteri UIN ALauddin Makassar
  • Hairunnisa Hairunnisa UIN ALauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4280

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan penalaran, kemampuan pemecahan masalah, serta faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan penalaran dan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa ditinjau dari asal sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dari penelitian ini ialah mahasiswa angkatan 2018 semester II dari Jurusan Pendidikan Matematika UIN Alauddin Makassar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitiannya menunjukkan baik kemampuan penalaran matematis maupun kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa berada pada kategori sedang, sementara faktor-faktor yang memengaruhi kedua kemampuan tersebut diantaranya adalah rasa malas, pendekatan belajar, dan ketidaktertarikan pada matematika.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan penalaran, kemampuan pemecahan masalah, serta faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan penalaran dan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa ditinjau dari asal sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dari penelitian ini ialah mahasiswa angkatan 2018 semester II dari Jurusan Pendidikan Matematika UIN Alauddin Makassar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitiannya menunjukkan baik kemampuan penalaran matematis maupun kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa berada pada kategori sedang, sementara faktor-faktor yang memengaruhi kedua kemampuan tersebut diantaranya adalah rasa malas, pendekatan belajar, dan ketidaktertarikan pada matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnan, M. R. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Aljabar Kelas VII MTs Sultan Hasanuddin Kabupaten Gowa [UIN Alauddin Makassar]. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/9048

Ammar, A. S., & Dewanto. (2020). Peta Kemampuan Dasar Mahasiswa dengan Latar Belakang Sekolah (SMK dan SMA) di Prodi S-1 Pendidikan Teknik Mesin Produksi 2013 Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 9(2). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/31778

Danim, S. (2011). Pengantar Kependidikan “Landasan, Teori, dan 234 Metafora Pendidikan.” Bandung: Alfabeta.

Drajat, Z. (2014). Ilmu Pendidikan Islam (Cet. 11). Jakarta: Bumi Aksara.

Imamuddin, M., Rusdi, Isnaniah, & Audina, M. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Berdasarkan Gaya Belajar. Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/jppm.v3i1.5138

Kasanah, N. U., & Murtiyasa, B. (2017). Analisis Deskritif Soal-Soal pada Buku Ajar Matematika Sekolah Dasar Kelas IV Kurikulum 2013 Ditinjau dari Aspek Kognitif TIMSS [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/49354

Kirana, N. C., Kusdiwelirawan, A., & Suminten, N. (2020). Pengaruh Pemberian Open-Ended Test Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA. WAPFI: Wahana Pendidikan Fisika, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/wapfi.v5i1.23455

Lestanti, M. M. (2015). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah ditinjau dari Karakteristik Cara Berpikir Siswa dalam Model Problem Based [Universitas Negeri Semarang]. http://lib.unnes.ac.id/22273/1/4101411118-s.pdf

Nasution, M. (2018). Konsep Standar Proses dalam Pembelajaran Matematika. LOGARITMA: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 6(1). https://doi.org/http://doi.org/10.24952/logaritma.v6i01.1249

Sayidani, A., Irianto, W. S. G., & Fuady, M. J. (2016). Perbandingan Prestasi Belajar Mahasiswa Lulusan SMA dan SMK Pada Prodi S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang. Jurnal Tenologi, Kejuruan, Dan Pengajarannya, 39(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/tk.v39i2.7789

Schoenfeld, A. H. (2016). Learning to Think Mathematically: Problem Solving, Metacognition, and Sense Making in Mathematics (Reprint). Journal of Education, 196(2). https://doi.org/https://doi.org/10.1177%2F002205741619600202

Usman, H. (2017). Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Matematis Siswa MTs 1 Model Makassar.

Warhamni, O. (2017). Pengaruh Asal Sekolah dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X SMA Negeri Suralaga Tahun Pelajaran 2016/2017 [UIN Mataram]. http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/128

Yuniawati, T. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Metematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Perbandingan Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Jurnal Analisis Kemampuan Penalaran Metematis, 1(1). https://studylibid.com/doc/1046020/jurnal-analisis-kemampuan-penalaran-metematis

Published

2021-01-29

How to Cite

Suharti, S., Sulasteri, S. ., & Hairunnisa, H. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika Ditinjau Dari Asal Sekolah. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1). https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4280