Analisis Kesalahan Mahasiswa Pendidikan Matematika UIR pada Penyelesaian Analisis Kompleks

Authors

  • Fitriana Yolanda
  • Aulia Sthephani Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4393

Abstract

mahasiswa pendidikan matematika UIR pada penyelesaian soal analisis kompleks. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester enam pendidikan matematika FKIP UIR sebanyak 60 mahasiswa tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan datanya menggunakan lembar soal tes dan wawancara terbuka. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan melakukan analisis hasil tes soal analisis kompleks dan analisis hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa yang melakukan kesalahan fakta hampir seluruh menjawab dengan tidak mengetahui materi secara luas, sehingga mereka lebih memilih mengosongkan jawaban daripada memberikan jawaban yang nantinya salah. Kesalahan konsep terjadi karena mahasiswa kurang memahami bentuk soal, lambat memahami soal, bingung menentukan polar dan rumus integral. Kesalahan prinsip juga dapat dilihat karena salah dalam menerjemahkan soal seperti memperhatikan sudut quadran dan menyederhanakan bilangan. Kemudian kesalahan operasi hanya sedikit terjadi pada mahasiswa karena kesalahan ini terjadi jika mahasiswa terlalu terburu-buru dalam menentukan jawaban sehingga tidak memperhatikan seluruh operasi bilangan yang ada. Dari keseluruhan jawaban mahasiswa sekitar 48% berhasil menjawab soal dengan baik dan benar, tanpa kesalahan sedikitpun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Z. (2012). Pendidikan Matematika Fakultas. Jurnal Ilmiah Didaktika, XIII(1), 183–196.

Amir, M. F. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Sidoarji dalam Soal Pertidaksamaan Linier. Jurnal Edukasi, 1(2), 131–145.

Andriani, L., & Matematika, P. (2020). Soal Himpunan Di Program Studi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Matematika, 03(02), 550–562.

Imswatama, A., & Muhassanah, N. (2016). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Analitik Bidang Materi Garis Dan Lingkaran. Suska Journal of Mathematics Education, 2(1), 1.

Jana, P. (2018). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Pokok Bahasan Vektor. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 8.

Kania, N., & Arifin, Z. (2019). Analisis Kesulitan Calon Guru Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Prosedur Newman. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 3(1), 57–66.

Lusiana, R. (2017). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Pada Materi Himpunan Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(1), 24–29.

Romadiastri, Y. (2016). Analisis Kesalahan Mahasiswa Matematika Dalam Menyelesaikan Soal- Soal Logika. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 2(1), 76.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Sukirman. (1985). Identifikasi Kesalahan-Kesalahan yang Diperbuat Siswa Kelas III SMP pada setiap Aspek Penguasaan Bahan Pelajaran Matematika. Tesis(Tidak dipublikasikan).

Valentino, E. (2017). Analisis Kesalahan Konten Matematika pada Buku Siswa Tematik Sekolah Dasar Kelas V Semester I Kurikulum 2013. Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 74.

Widjajanti, D. B. (2009). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika: Apa dan Bagaimana Mengembangkannnya P-25 Oleh. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 402–413.

Widodo, S. A. (2013). Analisis Kesalahan Dalam Pemecahan Masalah Divergensi Tipe Membuktikan Pada Mahasiswa Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 106–113.

Wijaya, A. A., & Masriyah. (2019). Analsis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Sistem Linear Dua Variabel. MATHEdunesa, 8(2).

Yensy, N. A. (2018). Diagnosis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Perhitungan Peluang Pada Matakuliah Statistika Matematika. Jurnal Pendidikan Eksakta, 2(4), 145–150.

Yolanda, F., & Amelia, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa Melalui Accelerated Learning Cycle. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 8(2), 268-274

Published

2021-01-29 — Updated on 2021-03-19

Versions

How to Cite

Yolanda, F., & Sthephani, A. . (2021). Analisis Kesalahan Mahasiswa Pendidikan Matematika UIR pada Penyelesaian Analisis Kompleks. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1). https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4393 (Original work published January 29, 2021)