Pendekatan Metakognitif Terhadap Kemampuan Penalaran Matematik Siswa Ditinjau Dari Habits Of Minds

Authors

  • Asep Ikin Sugandi IKIP SILIWANGI
  • Martin Bernard
  • Linda Linda

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4510

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah perbedaan kemampuan penalaran matematik siswa antara yang pembelajarannya menggunakan pendekatan metakognitif dengan pembelajaran konvensional ditinjau dari Habits of Mind (HOM). Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program studi Pendidikan Matematika IKIP Siliwangi Bandung, sedangkan sampelnya dipilih dua kelas Angkatan 2017 dari 4 kelas yang ada. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah berbentuk tes yang berupa soal uraian sebanyak 5 soal, dan non tes berupa angket skala likert dengan 32 pernyataan. Pengolahan data dilakukan dengan uji anova dua jalur menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil pengolahan data didapat hasil terdapat pengaruh model pembelajaran metakognitif terhadap kemampuan penalaran matematik siswa, terdapat pengaruh Habits of Mind terhadap kemampuan penalaran matematik siswa dan tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran metakognitif dan Habits of Minds terhadap kemampuan penalaran matematik siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Admura, F., & Susanti (2018). Penalaran mahasiswa dalam memecahkan masalah analisis real berdasarkan kemampuan berpikir intuitif. Jurnal of Mathematics and Mathematics Education. Vol 8(2). P-156-172. Desember 2018.

Aminah, M., Kusumah, Y.K., Suryadi, D. and Sumarmo, U. (2017). “Enhancing Students’ Mathematical Logical Thinking Ability and Self Regulated Learning By Using Metacognitive Teaching-Learning”. Paper published in International Journal of Instruction. July, 2018. Vol. 11-number.3.

Burais , L., Ikhsan, M. & Duskri, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Model Discovery Learning. Jurnal Didaktik Matematika. Vol. 3, No.1, April 2016.

Chrissanti, M.I & Widjajanti, D.B. (2015). Keefektifan pendekatan metakognitif ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis,danminat belajar matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Volume 2 –Nomor 1, Mei 2015, (51 -62).

Costa, AL., & Kallick, B., Translator by Brian Reza Daffi (2012) Belajar dan Memimpin dengan ‘Kebiasaan Pikiran’: 16 Karaktertistik Penting untuk Sukses. Jakarta: Index.

Dwirahayu, G., Kustiawati, D., & Bidari, I. (2018). Pengaruh Habits of Mind terhadap Kemampuan Generalisasi Matematis. JPPM, Vol. 11 No. 2 (2018).

Hastratudin dan Kurniasih, I. (2017). Improving Critical Thinking and Emotional Tntelligence Capabilities of Secondary School Student throught Realistic Mathematics Education Approach. International Journal of Innovation in Science and Mathematics., 5(1),1-6

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skill dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung : Refika Aditama.

Lestari, I. & Andinny, Y. (2020). Kemampuan Penalaran Matematika melalui Model Pembelajaran Metaphorical Thinking Ditinjau dari Disposisi Matematis. Jurnal Elemen Vol. 6 No. 1, Januari 2020, hal. 1 – 12.

Nindiasari, H., Kusumah, SK., Sumarmo, U., and Sabandar, Y. (2014). “Pendekatan Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa SMA”. Edusentris Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, Vol.1, No. 1, Maret 2014, pp 80-90.

Noto, M. S. (2015). Efektivitas Pendekatan Metakognisi terhadap Penalaran Matematis pada Matakuliah Geometri Transformasi. Jurnal Infinity. Vol. 4(1). 2015

Rosnawati. (2013). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Indonesia pada TIMSS 2011. Prosiding seminar nasional penelitian, Pendidikan , danpenerapan MIPA Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta, 18 Maret 2013.

Safari, S., Cahyono, E., & Kadir. (2019). Pengaruh Pendekatan Metakognitif terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, Vol. 1(1).

Sumartini,T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Musharafa. Volume 5, Nomor 1, April 2015.

Susanti, E., (2015). Problem of High Order Thinking Skills to Train Mathematical Thinking Habits. Tersedia pada: http://eprints.unsri.ac.id/.

Vygotsky, L. S. (1987). Mind in Society. The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge : Harvard University Press. 1987.

Wibowo, A. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan Saintifik

terhadap Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran Matematis dan Minat Belajar.

Downloads

Published

2021-01-29 — Updated on 2021-03-19

Versions

How to Cite

Sugandi, A. I., Bernard , M. ., & Linda, L. (2021). Pendekatan Metakognitif Terhadap Kemampuan Penalaran Matematik Siswa Ditinjau Dari Habits Of Minds. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1). https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4510 (Original work published January 29, 2021)