Analisis Pembelajaran Mandiri Secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Tadris Matematika UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Authors

  • Marni Zulyanty UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Ainun Mardia UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Sunarto Sunarto UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Ali Murtadlo UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v5i2.4592

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pembelajaran mandiri secara daring pada masa pandemi covid-19 di prodi tadris matematika UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek pada penelitian ini berjumlah 200 mahasiswa dengan kriteria mahasiswa tadris matematika semester I, III, V tahun ajaran 2020/2021 yang perkuliahannya dilakukan secara daring. Adapun instrumen utama penelitian adalah peneliti sendiri dan instrumen pendukung berupa angket dan lembar pedoman wawancara. Angket dan lembar pedoman wawancara ini dibuat sesuai indikator kemandirian belajar mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa telah melakukan pembelajaran mandiri, hal ini terlihat pada aspek mahasiswa telah memiliki kepercayaan diri, inisiatif (kreatif), kemauan sendiri, dan menghargai waktu dalam mengikuti pembelajaran daring. Namun dari hasil penelitian terlihat juga bahwa mahasiswa masih membutuhkan support baik berupa penguatan terhadap apa yang diperoleh dan kesempatan untuk mandiri dalam hal memahami dan menyelesaikan tugas perkuliahan selama pembelajaran daring.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Affouneh, S., Salha, S., & Khlaif, Z. N. (2020). Designing Quality E-Learning Environments for Emergency Remote Teaching in Coronavirus Crisis. Interdiscip J Virtual Learn Med Sci, 11(2), 1–3.

Babari, Y. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Creswell, J. W. (2018). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 6th Edition. Pearson.

Espasa, A., Guasch, T., Mayordomo, R. M., Martínez-Melo, M., & Carless, D. (2018). A Dialogic Feedback Index measuring key aspects of feedback processes in online learning environments. Higher Education Research and Development, 37(3), 499–513. https://doi.org/10.1080/07294360.2018.1430125

Fatimah, E. (2010). Psikologi Perkembangan (Psikologi Perkembangan. Peserta Didik). Bandung: CV Pustaka Setia.

Hodges, C. B. (2020). View the full-text article online : March.

Hughes, Margaret; Hagie, C. (2005). The Positive and Challenging Aspects of Learning Online and in Traditional Face-to-Face Classrooms: A Student Perspective. Journal of Special Education Technology; Norman, 20(2), 52–59.

Martin, F., Stamper, B., & Flowers, C. (2020). Examining student perception of readiness for online learning: Importance and confidence. Online Learning Journal, 24(2), 38–58. https://doi.org/10.24059/olj.v24i2.2053

Moleong, L. J. (2010). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rahman, H. (2000). Interactive Multimedia Technologies for Distance Education in Developing Countries - Introduction, Background, Main focus, Future trends, Conclusion. Http://Encyclopedia.Jrank.Org/Articles/Pages/6637/Interactive-Multimedia-Technologies-ForDistance-Education-in-Developing-Countries.Html.

Tirtarahardja, U., & Sulo., S. L. La. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Tuovinen, J. E. (2000). Multimedia distance education interactions. International Journal of Phytoremediation, 21(1), 16–24. https://doi.org/10.1080/095239800361473

Published

2021-07-28

Issue

Section

Article