Efektivitas Lesson Study Pada Pemecahan Masalah Matematis Melalui Perkuliahan Online Di Masa Pandemi Covid 19

Authors

  • Herri Sulaiman Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ)
  • Fuad Nasir Universitas Swadaya Gunung Jati
  • I. Robia Khaerudin Universitas Swadaya Gunung Jati

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v5i2.4668

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas LS pada pemecahan masalah matematis mahasiswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Desain penelitian ini melibatkan satu kelas eksperimen dan kontrol. Untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis, peneliti menggunakan data pretest dan posttest. Penelitian ini dilaksanakan di prodi pendidikan matematika menggunakan sistem perkuliahan daring (online) dengan platform google classroom. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 2 prodi pendidikan matematika yang mengontrak mata kuliah kalkulus peubah banyak. Hasil efektivitas dari LS pada pemecahan masalah matematis untuk mata kuliah Kalkulus Peubah Banyak dapat dirinci sebagai berikut: (1) rata-rata prestest mahasiswa untuk kelas eksperimen dan kontrol memiliki nilai yang hampir sama walaupun jumlah subjek kelas yang berbeda, (2) hasil uji ketuntasan klasikal untuk kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa dari kedua kelas di atas tidak sama dengan test value-nya yaitu sebesar 50, (3) diperoleh rata-rata untuk nilai postes eksperimen sebesar 80,53 dan kelas kontrol 76,75, (4) berdasarkan model regresi linier sederhana dapat diperoleh nilai koefisien yang positif yaitu 0,959 yang menjelaskan koefisien aktivitas mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran LS memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa. Hasil perhitungan observasi tentang pelaksanaan pembelajaran teknik LS diperoleh hasil sebagai berikut: pada siklus pertama nilai rata-rata aktivitas mahasiswa yaitu 20,08 dengan persentase 71,73% yang dikategorikan baik; pada siklus kedua nilai rata-rata aktivitas mahasiswa yaitu 22,00 dengan persentase 78,57% yang dikategorikan baik; pada siklus ketiga nilai rata-rata aktivitas mahasiswa yaitu 24,31 dengan persentase 86,81% yang dikategorikan sangat baik; yang artinya secara keseluruhan aktivitas mahasiswa dalam penerapan pembelajaran teknik LS dapat dikatakan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Firmasari, S., & Sulaiman, H. 2020. Analisis Geometri Fraktal Pada Bentuk Bangunan Di Komplek Keraton Kanoman Cirebon. Euclid, 7(1), 51-60.

Firmasari, S., & Sulaiman, H. 2019. Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswa Menggunakan Induksi Matematika. Journal Of Medives: Journal Of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 1-9.

Firmasari, S., H Sulaiman., W Hartono., & MS Noto. 2019. Rigorous mathematical thinking based on gender in the real analysis course. Journal of Physics: Conference Series, 1157(4), 042106.

Khodaria, S., Maharani, A., & Sulaiman, H. 2019. The Analysis of Item Problems in High School Mathematics Textbook in Indonesia (2016 Revision Edition) Reviewed From The Cognitive Aspect of TIMSS. Indonesian Journal of Learning and Instruction, 2(1).

Irmawan, W., MD Sundawan., & Sulaiman, H. 2019. Peningkatan Keterampilan Self Advocacy (SA) Mahasiswa Melalui Teknik Structure Learning Approach (SLA) Pada Topik Fungsi Real. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Maharani, A., Sulaiman, H., & Aminah, N., dkk. 2019. Analyzing the student’s cognitive abilities through the thinking levels of geometry van hiele reviewed from gender perspective. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1), 012066.

Pramuditya, S. A., & Sulaiman, H. 2019. Analisis Kebutuhan Game Edukasi Mahasiswa dalam Menyelesaikan Materi Prasyarat Persamaan Diferensial. Euclid, 6(1), 74-83.

Pramuditya, S.A., Sulaiman, H., & Wahyudin. 2019. Development of instructional media game education on integral and differential calculus. IOP Conference Series Publishing. 1280(4), 042049.

Putri, DP., Sulaiman, H., Wahyuni, I., & Raharjo, JF. 2017. Kajian Pemodelan Matematika dengan Konsep Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar pada Mata Kuliah Persamaan Diferensial. Repository FKIP Unswagati.

Raharjo, J.F., & Sulaiman, H. 2017. Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Diskrit Dan Pembentukan Karakter Konstruktivis Mahasiswa Melalui Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Aplikasi Education Edmodo Bermodelkan Progresif Pace (Project, Activity, Cooperative And Exercise). Teorema: Teori Riset dan Matematika, 2(1), 47-62.

Raharjo, J. F., Sulaiman, H., & Wahyuni, I. 2017. The Study Of Mathematical Modeling Development Based on Realistic Approach as Prototype Learning to Improve Students Mathematical Problem Solving Ability in Differential Equation Subject. Repository FKIP Unswagati.

Santi, DPD., Sulaiman, H., & Kurnia, MD. 2019. Pemanfaatan Timbangan dari Limbah Kayu dan Buku Pop-Up Sebagai Upaya Pengembangan kemampuan Pemahaman Konsep Matematis di SLB Tunagrahita Gugus Kelompok Kerja Guru (KKG)Kabupaten Cirebon. Jurnal Al-Khidmat, 2(2), 43-49.

Santi, DPD., Sulaiman, H., & Kurnia, MD. 2020. Kemampuan Guru Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pemanfaatan Media Buku Pop Up di SLB Tunagrahita Kabupaten Cirebon. Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers ”Pengembangan Sumber Daya Perdesaan dan Kearifan Lokal Berkelanjutan IX”19-20November 2019 Purwokerto, 583-591.

Sulaiman, Herri. 2019. Aktivitas Matematika Berbasis Budaya pada Masyarakat Pesisir di Pasar Ikan Gebang Kabupaten Cirebon. Mapan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 7(1), 61-73.

Sulaiman, H., & Nasir, F. 2020. Ethnomathematics: Mathematical Aspects of Panjalin Traditional House and Its Relation to Learning in Schools. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 247-260.

Sulaiman, H., Hapsari, T., Tonah., & Nasir, F. 2020. Simulasi Aplikasi Tryout Ujian Nasional Berbasis Komputer (Unbk) Online Di Sma Kabupaten Cirebon. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, 6(1), 12-23.

Sundawan, M. D., Irmawan, W., & Sulaiman, H. 2019. Kemampuan Berpikir Relasional Abstrak Calon Guru Matematika dalam Menyelesaikan Soal-Soal Non-Rutin pada Topik Geometri Non-Euclid. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. 8(2), 319-330.

Yunita, D. R., Maharani, A., & Sulaiman, H. (2019). Identifying of Rigorous Mathematical Thinking on Olympic Students in Solving Non-routine Problems on Geometry Topics. Atlantis Press: Advance in Social Sciences, Education and Humanities Research, 253(1), 495-499.

Published

2021-07-28

Issue

Section

Article