Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Himpunan

Authors

  • Ika Meika Universitas Mathla’ul Anwar Banten
  • Deni Pratidiana Universitas Mathla’ul Anwar Banten
  • Elda Safitri universitas mathla'ul anwar banten

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v6i1.5764

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII A di Mts An-Nahl Cikeusik, Pandeglang, Banten dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan. Penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif ialah jenis penelitiannya yang dipakai dalam penelitian ini. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 6 orang siswa yang dipilih secara purposive sampling dengan tiga kategori yaitu 2 siswa dengan kemampuan tinggi, 2 siswa berkemampuan sedang, dan 2 siswa berkemampuan rendah. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis terdiri dari 3 soal uraian, dan wawancara mendalam . Hasil analisis data pada tingkatan kemampuan pemecahan masalahan matematis berdasarkan ketercapaian langkah Polya, siswa yang berkemampuan tinggi telah tercapai targetnya dengan sangat baik,  pada siswa yang berkemampuan sedang belum memiliki kemampuan dengan baik, dan pada siswa yang berkemampuan rendah belum mampu melaksanakan keempat langkah Polya.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP kelas IX pada materi bangun datar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(2), 77-83.

Kurnianingtyas, L. Y., & Nugroho, M. A. (2012). Implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas X Akuntansi 3 Smk Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1), 66–77. https://doi.org/10.21831/jpai.v10i1.922

Leo Adhar, E. (2012). Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 1–10.

Lestari, P. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Segiempat Dan Segitiga Di MTs Negeri 2 Magelang Tahun Pelajaran 2019/2020. 119.

Meika, I., & Sujana, A. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sma. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 8–13. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2025

Meika, I., Ramadina, I., Sujana, A., & Mauladaniyati, R. (2021). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 162–168. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/388

Muhammad, R., Panuntun, G., & Masykur, A. M. (2016). DINAMIKA PSIKOLOGIS MAHASISWA BERPRESTASI : Studi Kualitatif Deskriptif Pada akhir tahun 2015 , Indonesia bersama negara-negara di kawasan Asia Tenggara yang bersama dinamakan dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN atau dikenal dengan MEA . Dampak Penelitian ini. Jurnal Empati, 5(1), 50–54.

Nasution, T. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Self Esteem Matematika Siswa Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Di …. 2013–2014. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4568

Netriwati. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matetamatis Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari Pengetahuan Awal Mahasiswa IAIN Raden Intan Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(9), 181–190.

Pratidiana, D. (2021). Analisis Kelancaran Prosedural Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Program Linear. 9(2), 189–201.

Putra, H. D., Putri, W. A. S., Fitriana, U., & Andayani, F. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Confidence Siswa SMP. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(2), 60-70.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv5n2_12

Supriyanto. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaiakan Soal Cerita Tentang Perbandingan. PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education, 1(2), 74–91. https://doi.org/10.51675/jp.v1i2.81

Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 137–144. https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.2.137-144

Published

2022-01-29

How to Cite

Meika, I. ., Pratidiana, D., & Safitri, E. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Himpunan. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(1), 75–84. https://doi.org/10.35706/sjme.v6i1.5764