Merancang Uji Coba Realistic Mathematics Education (RME)

Authors

  • Ida Nuraida Universitas Galuh Ciamis, Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v1i2.746

Abstract

Tujuan perancangan uji coba RME adalah untuk mengetahui apa yang harus dipersiapkan dalam  menghadapi perancangan uji coba matematika realistik, untuk mengetahui apa yang dilakukan dalam perancangan uji coba di sekolah, untuk mengetahui produk apa yang dihasilkan setelah  perancangan uji coba matematika realistik, dan untuk mengetahui tindak lanjut yang harus dilakukan apabila perancangan yang harus dilakukan tidak sesuai dengan harapan matematika realistik. Uji coba pembelajaran matematika di suatu sekolah dengan menggunakan pendekatan realistik memerlukan perencanaan yang matang, karena pembelajaran menggunanakan pendekatan realistik sangat kompleks, yaitu dimulai dari persiapan guru, persiapan fasilitas, persiapan materi, bahan ajar sampai kesiapan semua komponen yang ada di sekolah tersebut. Berdasar hal tersebut maka dalam uji coba RME memerlukan rancangan. Produk yang dihasilkan dari perancangan matematika realistik adalah pengetahuan guru, buku guru, buku siswa, silabus, RPP, LAS, dan instrumen.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ida Nuraida, Universitas Galuh Ciamis, Jawa Barat

Pendidikan Matematika

References

Gravemeijer, K. (2010). Realistic mathematic EducationTheory as a Guideline for Problem–Centered, Interactive Mathematics Education. Dalam Robert Sembiring (Ed.), A Decade of PMRI in Indonesia (hlm. 41-50). Bandung: IP-PMRI.

Hadi, S. (2002). Effective Teacher Professional Development for The Implementation of Realistic Mathematics Education in Indonesian. Doctoral Dissertation, University of Twente, Enschede, The Netherlands.

Hidayanto, T dan Irawan, E.B. (2013). Pengembangan bahan ajar berbasis realistic mathematic education untuk membangun kemampuan komunikasi matematis siswa smp kelas viii pada materi fungsi. Universitas Negeri Malang.

Kartika, H. (2016). Algoritma Untuk Mengkonstruksi Super Matrik Simetri Fuzzy Persegi Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1), 28-33.

Maulana. (2008). Pendidikan Matematika 1. Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.

PMRI. (2007). Majalah PMRI. Vol No. 2. April 2007.

Zulkardi. (2001). Realistic Matematics Education (RME): Teori, Contoh Pembelajaran, dan Taman Belajar di Internet. Makalah pada seminar sehari RME di Jurusan Pendidikan Matematika UPI Bandung pada tanggal 4 April 2001.

Zulkardi. (2002). Developing a Learning Envorinment on Realistic Mathematics Education for Indonesian Students Teachers. Thesis. University of Twente. Enschede:Printpartners Ipskamp.

Published

2017-07-07

How to Cite

Nuraida, I. (2017). Merancang Uji Coba Realistic Mathematics Education (RME). SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 1(2), 68–78. https://doi.org/10.35706/sjme.v1i2.746

Issue

Section

Article